MINAT PESERTA DIDIK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI STATUS EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI DIRI

Penulis

  • Eli Masnawati STKIP PGRI Bangkalan Penulis
  • Umroh Umroh Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Yahya Ulumuddin Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Rafadi Khan Khayru Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Muhammad Sukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Penulis

Kata Kunci:

status ekonomi orang tua, motivasi diri, minat melanjutkan ke perguruan tinggi

Abstrak

Pendidikan berperan penting bagi setiap insan untuk menjalani dan meraih masa depan agar kesejahteraan dalam menjalani hidup dapat dirasakan. Pendidikan di perguruan tinggi memiliki tujuan untuk dapat menciptakan seseorang dengan kemampuan akademik yang baik dan dapat bekerja dengan professional agar mampu menciptakan, mengembangkan serta menerapkan IPTEK. Permasalahan saat ini, tidak semua peserta didik memiliki minat untuk meneruskan pendidikan pada perguruan tinggi. Berbagai faktor yang mendasari minat dari peserta didik agar meneruskan pendidikan di perguruan tinggi. Fenomena ini mendorong peneliti melakukan penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis minat yang ada pada diri peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang dilihat berdasarkan status ekonomi orang tua serta motivasi diri. Salah satu sekolah swasta yang ada di Surabaya menjadi tempat penelitian kuantitatif ini. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik dan dipilih 33 peserta didik sebagai sampel yang ditentukan dengan random sampling. Selanjutnya seluruh data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, telah terbukti bahwa minat dari peserta didik agar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh status ekonomi orang tua. Selanjutnya diketahui bahwa motivasi diri memengaruhi minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa status ekonomi orang tua dan motivasi diri memiliki pengaruh secara bersama untuk menentukan minat peserta didik agar melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

Referensi

Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan & A. Wardani. 2015. Manajemen Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Azizah, N., Saraswati, M. Hariani, R. Mardikaningsih, & T. Wijayanti. 2015. Keterlibatan Pemasaran Online untuk Meningkatkan Minat Mendaftar Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(4), 257-270.

Cleopatra, M. 2015. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.

Djati, S. Pantja & D. Darmawan. 2004. Pengaruh Kesan Kualitas Layanan, Harga dan Kepuasan mahasiswa PTS terhadap Minat Mereferensi Kampusnya, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 190-204.

Fitriani, K. 2014. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal, Economic Education Analysis Journal, 3(1), 152–159.

Hook, J. R. 2006. Memotivasi Karyawan, Membangun Semangat, Meningkatkan Kinerja, Tugu Publisher, Yogyakarta.

Hurlock, B. E. 2006. Perkembangan Anak, Erlangga, Jakarta.

Karina, A., E. Davitri, & D. Darmawan. 2018. Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Diri, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(2), 107-120

Keller, J. M. & B.C. Litchfield. 2002. Motivation and Performance, In Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Pearson Education, Inc, New Jersey.

Kharisma, N., & L. Latifah. 2015. Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas 12 Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015, Economic Education Analysis Journal, 4(3), 833–846.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. 2015. Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. 2021. Peran Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-39.

Mudyahardjo, R. 2008. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Oryza, S.B., & A. Listiadi. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 5(1), 23-36.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. 2014. Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. 2017. Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.

Rahmawati, Y. 2015. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 3, 1–9.

Rozaini, N., & S. D. Anti. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Niagawan, 6(2), 54-59.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan, KAIFA, Jakarta.

Setiaji, K., & D. Rachmawati, D. 2017. Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 45-59.

Sinambela, E. A. 2014. Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 91-104.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta.

Soekanto, S. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Subarkah, A., & A. Nurkhin. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Efikasi Diri, dan Bimbingan Karier Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Sma Negeri 1 Kejobong, Economic Education Analysis Journal, 7(2), 400-414.

Suciningrum, N. P & E. S. Rahayu. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 1-21.

Tarmono. 2012. Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) pada SMK di Kecamatan Mranggen, Journal of Education, 1-10.

Ujianto, U. & D. Darmawan. 2003. Rasionalitas Mahasiswa dalam Memilih Partai Politik: Studi terhadap Faktor yang Dipertimbangkan Mahasiswa Kota Surabaya dalam Memilih Partai Politik, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 43-54.

Uno, H.B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Bumi Aksara, Jakarta.

Yanti, Y., & D. Darmawan. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28