STUDI PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI HARGA, SALURAN DISTRIBUSI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI DAN EKUITAS MEREK (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRI SEPATU DAN SANDAL DI AL COLLECTION SOOKO MOJOKERTO)
Keywords:
kesadaran merek, persepsi harga, saluran distribusi, atribut produk, minat beli, ekuitas merekAbstract
Pada umumnya setiap usaha didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Para penjual berusaha menawarkan produk kepada target pasar yang disesuaikan dengan daya beli konsumen atau masyarakat. Para penjual berusaha untuk memperoleh respons yang diinginkan dari para konsumen, yaitu pembelian produk. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan pengamatan terhadap keputusan pembelian yang ditentukan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, persepsi harga, saluran distribusi dan atribut produk terhadap minat beli dan ekuitas merek. Sampel di penelitian ini sejumlah 100 responden yang berasal dari pembeli sepatu atau sandal di AL Collection Sooko Mojokerto. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan ekuitas merek. Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan ekuitas merek. Saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan ekuitas merek. Atribut produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan ekuitas merek.
References
Aaker, D. 1997. Building Strong Brands. Bumi Aksara, Jakarta.
Amila, F. 2017. Analisis pengaruh harga dan promosi penjualan terhadap ekuitas merek pada jasa penerbangan garuda Indonesia. Jurnal Admisi & Bisnis. 19(2), 159-172.
Darmawan, D. 2015. Metodologi Penelitian. Metromedia, Surabaya.
Darmawan, D., R. Mardikaningsih, & M. Hariani. 2019. The Effect of Endorser Celebrity, Attitude Toward to Ads, and Brand Attitude on Purchase Intention, Relasi - Jurnal Ekonomi, 15(2), 263-276.
Darmawan, D. 2019. Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 75-88.
Darmawan, D. & S. Arifin. 2021. Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya), Bisman (Bisnis dan Manajemen): Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 99-116.
Djaelani, M., & D. Darmawan. 2021. Dulux Wall Paint Purchase Decision: The Role of Brand Image, Price, and Product Quality on Consumer Behavior of Paint Products. Jurnal Simki Economic, 4(2), 150-160.
Etzel, M. J. 2012. Marketing. The McGraw-Hill companies inc. USA.
Fared, M. A., D. Darmawan, & M. Khairi. 2021. Contribution of E-Service Quality to Repurchase Intention with Mediation of Customer Satisfaction: Study of Online Shopping Through Marketplace, Journal of Marketing and Business Research, 1(2), 93-106.
Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ihsan, M. 2017. The influence of product attribute and price fairness on customer–based brand equity of suzuki GSX R150 (A Survey to Suzuki GSX R150 Users in Bandung City). Tesis UNPAD.
Irfan, M. & A. R. Putra. 2020. The Effect of Packaging and Brand Image on Purchase Intentions of Packed Rice Products, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 13-22.
Issalillah, F., D. Darmawan & R. K. Khayru. 2021. Social Cultural, Demographic and Psychological Effects on Insurance Product Purchase Decisions, Journal of Science, Technology and Society, 2(1), 1-10.
Jahroni., E. A. Sinambela., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. 2021. Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234-10241.
Khasanah, H., S. Arum, & D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis, Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Khayru, R.K., N. S. Wisnujati, D. Darmawan, & F. Issalillah. 2021. Loyalitas Merek Obat Herbal Berdasarkan Kemasan dan Harga, Jurnal Simki Ekonomi, 4(2), 121-132.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta.
Marini, S. 2019. Pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap brand awareness dan dampaknya pada minat beli kaos kaki champ. Jurnal ATRABIS (Administrasi Bisnis). 5(1), 125-134.
North, E. J., R. B. de Vos & T Kotzé. 2003. The importance of apparel product attributes for female buyers. Journal of Family Ecology and Consumer Sciences, 31, 42-51.
Ogbulie, A. N. 2019. Influence of Product Attributes on Consumers Purchase Decisions on Malt Drink in Enugu State, Nigeria. American International Journal of Business Management (AIJBM). 2(12), 18-27.
Retnowati, E., D. Darmawan, R. Mardikaningsih, & E. A. Sinambela. 2021. Pengaruh Pencapaian Kepuasan Konsumen Rumah Makan Berdasarkan Kesan Kualitas Produk dan Harga. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 4(2), 1382-1389.
Salim, M. A. 2020. Effect location, price perception of satisfaction customers and impact on repurchase intention. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 11(5), 157-169.
Schiffman, L., & L.L. Kanuk. 2009. Consumer Behaviour 7th. Edition. PT. Indeks. Jakarta.
Shahid, Z. 2017. The Impact of Brand Awareness on the consumers’ Purchase Intention. Journal of Marketing and Consumer Research. An International Peer-reviewed Journal, 33, 34-38.
Sinambela, E. A. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan, Management & Accounting Research Journal, 1(2), 44-49.
Sinambela, E. A., P. P. Sari., & S. Arifin. 2020. Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi (Akuntabilitas), 13(1), 55-70.
Świtała, M. 2018. The influence of Brand Awareness And Brand Image On Brand Equity–An Empirical Study of Logistics Service Providers. International Journal of Economics and Management, 33(3), 96-119.
Trirahayu, D., L. Putriana, D. Darmawan, E. A. Sinambela & R. Mardikaningsih. 2014. Peran Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Beli dan Minat Mereferensikan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 4(1), 51-62.
Wahyuni, S. 2017. The Impact of Product Quality, Price and Distribution on Purchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta. International Journal of Business Management and Accounting, 1(1), 18-26.