PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI DIRI, KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI (STUDI PADA SMAN 1 GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO)

Authors

  • Gitarani Pramudya Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Author
  • Rahayu Mardikaningsih Universitas Sunan Giri Surabaya Author

Keywords:

profesionalisme guru, motivasi diri, konsep diri, efikasi diri, kinerja guru

Abstract

Kinerja guru menjadi tolak ukur dari keberhasilan sekolah dan bukti penerapan profesionalisme guru sebagai pendidik. Beberapa variabel yang memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru adalah motivasi diri, konsep diri dan efikasi diri. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap peningkatan kinerja guru. Studi ini mengambil kasus di SMA Negeri 1 Gondang, Kabupaten Mojokerto. Responden adalah keseluruhan guru yang berjumlah 63 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan di penelitian ini adalah kuesioner. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan regresi linier berganda menggunakan program SPSS for Windows Evaluation version 26.0. Berdasarkan hasil pengujian analisis data menunjukkan motivasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto. Begitu pun yang terjadi pada variabel bebas konsep diri dan efikasi diri turut memiliki pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap peningkatan kinerja guru.

Published

2021-04-30