UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM PENDIDIKAN MODERN

Authors

  • Mila Hariani Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Yuliastutik Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Rahayu Mardikaningsih Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Mochamad Fajarudin Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Ati Rahayu Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Karwati Karwati Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Iis Ratnawati Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Bambang Santoso Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Parji Parji Universitas Sunan Giri Surabaya Author

Keywords:

motivasi belajar, faktor internal, faktor eksternal, pendidikan modern, strategi pendidikan.

Abstract

Motivasi belajar merupakan kunci keberhasilan dalam proses pendidikan, terutama di era modern yang penuh tantangan dan peluang. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar siswa, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi untuk meningkatkannya, serta menawarkan rekomendasi strategis untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung motivasi belajar. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, kajian ini menganalisis berbagai sumber untuk memahami keterkaitan antara motivasi belajar dengan aspek internal dan eksternal siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa faktor internal seperti kebutuhan, minat, dan persepsi siswa terhadap pendidikan berperan signifikan, sementara faktor eksternal seperti dukungan keluarga, komunitas, teknologi, dan kebijakan pendidikan memberikan pengaruh yang melengkapi. Tantangan utama yang diidentifikasi meliputi ketimpangan akses pendidikan, keterbatasan infrastruktur, dan kurangnya kompetensi pendidik untuk memanfaatkan teknologi pendidikan. Sebagai rekomendasi, kajian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk mengintegrasikan strategi berbasis bukti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan hasil kajian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan program pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

References

Aprilianti, E.T. & E. S. Primawati. (2015). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(4), 243-256.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Damayanti, N., S. Hutomo, D. Darmawan & I. Wahyudi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Darmawan, D. (2015). Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 173-182.

Darmawan, D. (2019). Bahasa Indonesia: Pengantar untuk Publikasi Ilmiah. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D., N. Azizah, D. Saraswati, M. Hariani, L. Hasanah, R. Mardikaningsih & T. Wijayanti. (2015). Keterlibatan Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Minat Mendaftar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 1(4), 257-272.

Davitri, E., M. Fikram, & R. Resandi. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 197-210.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Fitriyah, A. L., Putra, M. I. S., Solichin, M., Amrulloh, A., & Anwar, M. A. (2020). Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(2), 195-213.

Fuady, A.H.R., F. Maghfiroh, D. Darmawan, E. Masnawati, Y. Kurniawan. (2022). The Effect of Individual Characteristics and Managerial Ability on Entrepreneurship Skill Development, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(3), 33–37.

Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.

Irfan, M. & A. R. Putra. (2014). Komunikasi Interpersonal Antar Guru dan Siswa serta Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 69-76.

Karina, A., T. Baskoro K. & D. Darmawan. (2012). Pengantar Psikologi. Addar Press, Jakarta.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64-82.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2018). Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Pemahaman Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-26.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2021). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-39.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Mardikaningsih, R. (2014). Faktor-Faktor yang memengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 13-24.

Mardikaningsih, R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Pene1itian dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 45 – 56.

Mardikaningsih, R. et al. (2023). Studi Empiris tentang Kajian Peran Kebijakan Penggajian dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 21 – 34.

Mardikaningsih, R., & A. R. Putra. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau dari Konsep Diri. Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya (IDEAS), 7(3), 173-178.

Masfufah, M. & D. Darmawan. (2023). The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in Early Childhood, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(3), 33–38.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2022). School Organization Effectiveness: Educational Leadership Strategies in Resource Management and Teacher Performance Evaluation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 43–51.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2023). Optimal Utilization of Google Classroom Media in Online Learning, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 20–24.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2024). Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Dukungan Orang Tua dan Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15 – 28.

Masnawati, E. & M. Hariani. (2023). Faktor-Faktor untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1 – 12.

Masnawati, E., M.S. Djazilan, & D. Darmawan (2022). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17 – 26.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. (2022). Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.

Minggele, D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 791-801.

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175-182.

Pramudya, G. & R. Mardikaningsih. (2021). Peningkatan Kinerja Guru melalui Motivasi Diri, Konsep Diri dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto), Jurnal Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-20.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.

Rohani & D. Andayani. (2009). Strategi Belajar, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Rojak, J. A. (2024). Upaya Pengembangan Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 41 – 56.

Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar, Bumi Aksara. Jakarta.

Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan karakter dalam Islam. Dinamika Ilmu, 14(1), 47-64.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Sutarjo, M., D. Darmawan & Y. I. Sari. (2007). Evaluasi Pendidikan. Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Yanti, Y. & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.

Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. (2013). Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Published

2024-10-25