PERILAKU PEMBELIAN VIA ONLINE SHOP MASYARAKAT KELURAHAN SURODINAWAN BERDASARKAN VARIABEL HARGA, PROMOSI, DAN KERAGAMAN PRODUK
Keywords:
harga, promosi, keragaman produk, keputusan pembelianAbstract
Perkembangan teknologi menyebabkan pelaku bisnis melakukan banyak hal untuk menarik konsumen dan memajukan bisnisnya. Salah satunya bisnis online shop. Beberapa faktor dapat memengaruhi perilaku konsumen untuk membentuk keputusan pembelian seperti harga, promosi, dan keragaman produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari harga, promosi, keragaman produk terhadap keputusan pembelian via online shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen di Kelurahan Surodinawan yang menggunakan online shop dengan jumlah sampel 100 responden dan pengumpulan sampel menggunakan metode accidental sampling. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji f, regresi linier dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian; promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian; keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan harga, promosi, dan keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Benson, R. J. 2007. From Business Strategy to IT Action, Right Decisions for a Bottom Line. Jhon Wiley and Sons, Inc. New Jersey.
Damar, H. 2019. Pengaruh Keragaman Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada.Co.Id. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan.
Darmawan, D. 2011. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Keragaman Produk Terhadap Perluasan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 55-60.
Darmawan, D. 2015. Metodologi Penelitian. Surabaya: Metromedia.
Darmawan, D. 2020. Pengaruh Pengalaman, Promosi Penjualan, Dan Daya Tarik Produk Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 23-30.
Darmawan, D. & J. Gatheru. 2021. Understanding Impulsive Buying Behavior in Marketplace, Journal of Social Science Studies, 1(1), 11-18.
Darmawan, D. & E. Grenier. 2021. Competitive Advantage and Service Marketing Mix, Journal of Social Science Studies, 1(2), 75-80.
Fared, A., D. Darmawan, & M. Khairi. 2021. Contribution of E-Service Quality to Repurchase Intention with Mediation of Customer Satisfaction: Study of Online Shopping Through Marketplace, Journal of Marketing and Business Research, 1(2), 93-106.
Hamdun, A.T.T. 2018. Pengaruh Keragaman Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 16, 5-74.
Hariani, M. & E. A. Sinambela. 2020. The Effect of Price Perception, Service Quality, and Product Diversity on Superindo Customer Loyalty in Surabaya, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 29-36.
Heriyanto. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Bukalapak (Studi Kasus Mahasiswa FEB Angkatan 2016 Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(25), 73-89
Issalillah, F., D. Darmawan & R. K. Khayru. 2021. Social Cultural, Demographic and Psychological Effects on Insurance Product Purchase Decisions, Journal of Science, Technology and Society, 2(1), 1-10.
Jamaludin, A.H. 2015. Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1), 1-8.
Khasanah, H., S. Arum, & D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis, Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Khayru, R.K. 2021. Opinions about Consumer Behavior during the Covid-19 Pandemic, Journal of Social Science Studies, 1(1), 31-36.
Khayru, R.K. & F. Issalillah. 2021. Study on Consumer Behavior and Purchase of Herbal Medicine Based on The Marketing Mix, Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 1-14.
Kotler, P. & G. Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Pearson Education. New Jersey.
Kotler, P. & K. L. Keller. 2012. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta.
Mardikaningsih, R. 2021. Pencapaian Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Melalui Harga, Ekuitas Merek, dan Kualitas Pelayanan, Jurnal Baruna Horizon, 4(1), 64-73.
Mardikaningsih, R & S. Arifin. 2021. Study on Education Level and Consequences of Licensing and Interest in Making Small Business Licensing, Journal of Social Science Studies, 1(1), 19-24.
Mardikaningsih, R. & E. A. Sinambela. 2021. Keragaman Produk, Lokasi dan Niat Kunjungan Ulang ke Pengecer. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management. 4(1), 40-52.
Nisak, C. 2016. Pengaruh Harga, Keragaman Model Produk, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Toko Tas Online Sabilla Store. Skripsi. Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Retnowati, E. & R. Mardikaningsih. 2021. Study on Online Shopping Interest Based on Consumer Trust and Shopping Experience, Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 15-24.
Schifman, Leon. G. & Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.
Setyarko, Y. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147.
Sinambela, E. A. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan, Management & Accounting Research Journal, 1(2), 44-49.