PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU
Keywords:
kompetensi, lingkungan kerja, kinerja guru, sekolahAbstract
Peran guru sebagai sumber daya manusia di organisasi sekolah berkedudukan sangat substansi serta mempunyai andil utama. Seluruh daya dan hasil kerja setiap guru menjadi pemberdayaan bagi usaha nyata terkait dengan upaya pencapaian tujuan organisasi sehingga kinerja guru adalah kontributor penting bagi pelaksanaan proses pendidikan. Analisis data yang dilaksanakan di penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif. Pengamatan dilakukan di SMA swasta di Kota Sidoarjo. Ada 32 guru yang akan dijadikan responden. Data yang berasal dari penyebaran angket ke subjek penelitian akan diproses secara statistika. Standar kompetensi yang diwujudkan dalam kinerja guru telah menunjukkan peran yang signifikan di penelitian ini. Begitu juga lingkungan kerja dengan hasil yang signifikan dapat berperan untuk meningkatkan kinerja. Selain hal tersebut meningkatnya kinerja guru secara signifikan juga disebabkan karena adanya kompetensi dan lingkungan kerja.
References
Aprilianti, E. T., E. A. Sinambela, D. Darmawan & A. R. Putra. 2019. Hubungan Pendidikan, Pengalaman, Kedisiplinan, Pelatihan Kerja dan Kinerja Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(3), 187-194.
Arifin, S. R. Mardikaningsih & Y. R. Al Hakim. 2017. Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan, Management & Accounting Research Journal, 2(1), 43-50.
Arifin, S. & R. Mardikaningsih. 2022. Pencapaian Kepuasan Kerja bagi Karyawan melalui Kondusivitas Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5 (2), 98-106.
Cohen, J., L. McCabe., N.M. Michelli., & T. Pickeral, T. 2009. School Climate: Research, policy, practice, and teacher education, Teachers College Record, 3(1), 180-213.
Darmawan, D. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Semangat Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 1-14.
Darmawan, D. 2015. Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 173-182.
Darmawan, D. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi, Profesionalisme, Kedisiplinan, Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas, Metromedia, Surabaya.
Darmawan, D., R. Mardikaningsih., S. Arifin., E. A. Sinambela., A. R. Putra. 2021. Studi tentang Peranan Variabel Kompetensi, Penilaian Kinerja, dan Kondisi Kerja terhadap Perwujudan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 516-530.
Djaelani, M. & D. Darmawan. 2016. Studi Tentang Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Kompetensi Lintas Budaya terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 11-17.
Djazilan, M. S. & D. Darmawan. 2020. Effect of Compensation, Job Demand, Job Characteristics on Employee Retention, Journal of Science, Technology and Society, 1(2), 1-8.
Hussain, S., M. Sarwar., N. Khan., & I. Khan. 2010. Faculty Development Program For University Teachers: Trainee‟s perception of success, European Journal of Scientific research, 44(2), 253 257.
Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.
Lestari, U. P. & D. Darmawan. 2014. Studi Tentang Hubungan Motivasi dan Lingkungan Kerja Dengan Kinerja Karyawan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 1-6.
Lestari, U. P., E. A. Sinambela., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. 2020. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah (JESYA), 3(2), 529-536.
Mahgoub, Y. M., & S. Elyas. 2014. Development of Teacher Performance and Its Impact on Enhancing on the Quality of the Educational Process, Pensee Journal, 76(2), 169–180.
Mardikaningsih, R. & M. Hariani. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Kontribusi Dari Kompetensi Kepribadian Guru serta Kreativitas Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(1), 1-12.
Mardikaningsih, R. 2016. Variabel Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan, Management & Accounting Research Journal, 1(1), 55-62.
Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. 2021. Peran Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-39.
Mardikaningsih, R., E. A. Sinambela & V. Mendrika. 2022. Peran Motivasi Kerja, Kompetensi, dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 4 (1), 250-255.
Mardikaningsih, R. & E. A. Sinambela. 2022. Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pegawai. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 98-101.
Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. 2022. The Influence of Working Conditions and Employee Motivation on Job Performance, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(2), 1-10.
Munir, M., S. Arifin, D. Darmawan, F. Issalillah & R. K. Khayru. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja, Religiusitas, Kepemimpinan Dan Lingkungan Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Baruna Horizon, 5(2), 88-99.
Novrianda, D., T. Agustin & D. Darmawan. 2012. Kontribusi Norma Subjektif dan Lingkungan Kerja untuk Mengembangkan Profesionalisme. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(1), 47-58.
Prihantoro, C. R., F. Ikhwanto., & A. Dudung. 2019. The Effect of Teacher Competency and Teaching Commitment to Student Learning Results Machining Engineering Skills Program. 3rd UNJ International Conference on Technical and Vocational Education and Training 2018, KnE Social Science, 645–652.
Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. 2017. Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.
Putra, A. R., & R. Mardikaningsih. 2021. Kompensasi dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 44-53.
Putra, A. R., T. S. Anjanarko, D. Darmawan, J. Jahroni, S. Arifin & M. Munir. 2022. The Role of Remuneration, Leadership Behaviour, and Working Conditions on Job Satisfaction, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(1), 61-74.
Sinambela, E. A. 2020. Pengaruh Pendidikan, Kompetensi dan Pengalaman Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Baruna Horizon, 3 (2), 277-285.
Sinambela, E. A., & U. P. Lestari. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 178-190.
Sinambela, E. A., & D. Darmawan. 2022. Peran Integritas dan Kompetensi terhadap Kualitas Audit. Realible Accounting Journal, 1(2), 8-15.
Sutarjo, M., D. Darmawan & Y. I. Sari. 2007. Evaluasi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Usman, H. 2013. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. 2013. Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Yanti, Y., & D. Darmawan. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.