STUDI TENTANG PEMAHAMAN GURU SMP MENGENAI ASESMEN AUTENTIK

Authors

  • Solchan Ghozali Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Abd. Rohman Wahid Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Joko Prasetyo Universitas Negeri Semarang Author
  • Mochamad Irfan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Author
  • Mila Hariani Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Author
  • Yusuf Rahman Al-Hakim Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Author
  • Dwi Sembe Sigita Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Author

Keywords:

Asesmen autentik, pengetahuan, keterampilan, sikap

Abstract

Asesmen autentik adalah salah satu bentuk dari pengukuran keterampilan proses peserta didik di pembelajaran oleh guru yang mencakup semua aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Asesmen bentuk ini dirasa oleh beberapa guru lebih sulit untuk diterapkan. Permasalahan yang dihadapi adalah guru kurang terampil untuk menerapkan bentuk asesmen ini di proses pembelajaran. Tulisan ini adalah laporan mengenai studi mengenai tingkat pemahaman guru tentang asesmen autentik. Instrumen pelaksanaan kegiatan ini meliputi instrumen berupa daftar pertanyaan yang bentuknya berupa pretest dan posttest. Ada juga bentuk kuesioner yang bertujuan untuk memperoleh respon guru terhadap penerapan metode asesmen autentik. Pelaksanaan pengabdian ini meliputi beberapa tahap, yaitu penyampaian pretest, sosialisasi pemahaman, bentuk dan contoh asesmen autentik, praktek pengembangan dan penyusunan asesmen autentik; penyajian hasil; dan posttest. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor skor pemahaman konsep asesmen yang berasal dari hasil sosialisasi kepada guru berdasarkan hasil pretest dan post test. Nilai rata-rata pretes tergolong rendah sebesar 44,86, dan nilai rata-rata postest 71,44 di kategori cukup sehingga kegiatan sosialisasi asesmen autentik dapat diterima dengan baik oleh guru.

References

Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan & A. Wardani. 2015. Manajemen Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Damayanti, N., S. Hutomo, D. Darmawan & I. Wahyudi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Frey, B. B., Schmitt, V. L., & Allen, J. P. 2012. Defining Authentic Classroom Assessment - Practical Assessment, Research & Evaluation. Practical Assessment, Research & Evaluation, 17(2), 1–18.

Gunawan, A., R. Mardikaningsih & Yuliana. 2016. Evaluasi Pembelajaran, Revka Prima Media, Surabaya.

Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.

Jerez, O., Baloian, N., & Zurita, G. 2017. Authentic Assesment between Peers in Online Courses with a Large Number of Students. In Proceedings - IEEE 17th International Conference on Advanced Learning Technologies, ICALT 2017.

Larkin, T. L. 2014. The Student Conference: A Model of Authentic Assessment. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP), 4(2), 36-46.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. 2015. Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. 2014. Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Mardikaningsih, R. 2014. Faktor-Faktor yang memengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 13-24.

Plake, B. S., & Impara, J. C. 1996. Theacher Assesement Literacy: What Do Teachers Now about Assesment. In Handbook of Classroom Assessment.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. 2014. Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., R. Mardikaningsih, E. A. Sinambela, & S. Arifin. 2016. Minat Belajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(2), 87-96.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. 2014. Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. 2013. Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Published

2022-10-28