PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA MELALUI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DAN MANAJEMEN DIRI UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLS
Keywords:
generasi muda, pemberdayaan, public speaking, manajemen diri, soft skillsAbstract
Pemberdayaan generasi muda melalui pelatihan public speaking dan manajemen diri di Desa Jumputrejo Sukodono Sidoarjo bertujuan untuk meningkatkan soft skills peserta. Pelatihan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) untuk melibatkan generasi muda dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan yang signifikan akan keterampilan komunikasi dan manajemen diri. Pelatihan mencakup teknik dasar public speaking dan manajemen diri yang efektif, serta memberikan kesempatan kepada peserta untuk praktik berbicara di depan umum dan mengelola emosi. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan peningkatan yang menggembirakan pada kepercayaan diri dan kemampuan organisasi peserta. Meskipun ada kebutuhan untuk latihan secara kontinu, program ini telah sukses memberdayakan generasi muda di desa, membekali mereka dengan soft skills penting yang dapat membuka peluang dalam kehidupan sosial dan profesional.
References
Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan, & A. Wardani. 2015. Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Andayani, D. & D. Darmawan. 2004. Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Apryanto, F. 2022. Peran Generasi Muda terhadap Perkembangan Teknologi Digital di Era Society 5.0. Media Husada Journal of Community, 2(2), 130-134.
Chumaeson, W. 2020. Pelatihan Publik Speaking pada Generasi Muda Desa Kiringan Boyolali. Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora, 1(8), 137-143.
Hamdani, F., A. Fauzia, L. A. Efendi, S. F. Liani, M. Togatorop, R. W. Ramadhani, & Yunita. 2022. Pentingnya Pengembangan Soft skills Generasi Milenial dalam Mengjadapi Tantangan Pasca Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 485-494.
Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan, & Yuliana. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta.
Lorig, K. R. & H. R. Holman. 2003. Self-management Education: History, Definition, Outcomes, and Mechanisms. Annals of Behavioral Medicine, 26(1), 1-7.
Mardikaningsih, R. 2022. Reinforcement of Students’ Entrepreneurial Intentions through Soft skills and Hard Skills Empowerment. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 6–14.
Miswari, M. 2017. Mengelola Self Efficacy, Perasaan, dan Emosi dalam Pembelajaran Melalui Manajemen Diri. Cendekia, 15(1), 67-82.