PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MEMBENTUK KINERJA GURU YANG OPTIMAL: PERSPEKTIF KUANTITATIF

Authors

  • Jeje Abdul Rojak Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Author
  • Mochamad Irfan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Author

Keywords:

Kepemimpinan, Kinerja Guru, Sekolah Dasar, Pendidikan, Manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di lima sekolah dasar di Sidoarjo dengan melibatkan 47 guru sebagai responden. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara variabel kepemimpinan dan kinerja guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Aspek kepemimpinan memberikan kontribusi penting untuk menentukan produktivitas dan kualitas kerja guru. Namun, ditemukan bahwa kinerja guru juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan kerja, fasilitas pendukung, dan insentif berbasis kinerja. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah, penerapan insentif yang berbasis hasil, serta pengembangan fasilitas pembelajaran yang mendukung. Dengan pendekatan strategis dan kolaboratif, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

References

Al Hakim, Y. R. & M. Hariani. 2021. The Influence of Transformational Leadership Style on Organizational Commitment and Job Performance, Journal of Science, Technology and Society, 2(2), 19-24.

Aprilianti, E.T. & E. S. Primawati. (2015). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(4), 243-256.

Arifin, S. & A.R. Putra. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(2), 141-154.

Darmawan, D. (2015). Metodologi Penelitian. Surabaya: Metromedia.

Darmawan, D. (2015). Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 173-182.

Ghozali, S., Y. Yuliastutik, M. Munir, S. Arifin, M. Hariani. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Pene1itian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35 – 40.

Hariani, M. (2021). Organizational Culture and Self-Efficiency that Form Employee Performance, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 23-32.

Irfan, M. & M. Hariani (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Dosen, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 27 – 36.

Irfan, M. (2022). The Influence of Work Discipline, Work Motivation and Leadership Style on Employee Performance, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 31–36.

Jahroni, J., T.S. Anjanarko, & A.S. Wibowo. (2023). Driving Performance Excellence: Exploring the Impact of Leadership and Job Stress on Employee Performance, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 1–10.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. & M. Hariani. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Kontribusi dari Kompetensi Kepribadian Guru serta Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(1), 1-12.

Masfufah, M., D. Darmawan, & E. Masnawati. (2023). Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, dan Investasi, 1(2), 214-228.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2022). School Organization Effectiveness: Educational Leadership Strategies in Resource Management and Teacher Performance Evaluation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 43–51.

Masnawati, E., M.S. Djazilan, D. Darmawan, & K. Rahmah. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17 – 26.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, Yuliastutik, R. Mardikaningsih, A. K. Khotimah, & Y. Yuliah. (2022). Transformation of Islamic Education in the Digital Age: The Role and Challenges of Educational Technology. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 45-52.

Putra, A. R. & R. Mardikaningsih. (2022). Study on Employee Performance Reviewing from Leadership, Innovative Behavior and Work Engagement, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(3), 4 – 10.

Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.

Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar, Bumi Aksara. Jakarta.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Published

2023-04-28