UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR GRATIS DI DESA SUKO KECAMATAN SUKODONO
Keywords:
minat belajar, bimbingan belajar, pendidikan.Abstract
Program pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak-anak di era digital dengan menyadarkan masyarakat akan nilai pendidikan dan memperkuat peran orang tua dalam mendukung proses pendidikan anak-anak. Dalam era di mana teknologi memiliki dampak yang signifikan terhadap pendidikan, baik positif maupun negatif, program ini bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat tentang nilai pendidikan dan memperkuat kesadaran akan peran teknologi sebagai alat pendukung pembelajaran, bukan pengganti pendidik. Melalui sosialisasi di sekolah dan bimbingan belajar gratis yang diselenggarakan oleh siswa KKN, program ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk lebih memahami nilai pendidikan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dengan melibatkan orang tua dan masyarakat secara langsung, program ini berusaha menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan memotivasi anak-anak untuk aktif dalam proses belajar mereka. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperkuat peran pemerintah dalam mendidik generasi muda, dengan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik.
References
Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan, & A. Wardani. 2015. Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Andayani, N. P., M. Sulastri, & G. Sedanayasa. 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. 2(1), 6-8.
Arifin, S. & Y. Kurniawan. 2022. The Influence of Student Organizational Activities and Learning Discipline on Learning Outcomes, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(1), 75-84.
Arintawati, M. L. D., A. S. Ulinha, A. F. Yusuf, S. Sudarso, B. Triono, F. Riyadin, M. Djaelani, J. Jahroni, & J. Judiono. 2023. Pelaksanaan Lomba Tingkat RT untuk Meningkatkan Nilai Toleransi dan Kebersamaan Masyarakat di Desa Masangan Wetan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 7-12.
Chasanah, U. & R. Mardikaningsih. 2023. Exploring Students' Potential: Entrepreneurship Education and Digital Literacy for Fostering Entrepreneurial Interest Growth, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(2), 19-34.
Darmawan, D., S. Arifin, & A. R. Putra. 2018. Teknik Komunikasi. Metromedia, Surabaya.
Darmawan, D., F. Issalillah, E. Retnowati, & D. R. Mataputun. 2021. Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.
Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. 2022. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.
Darmawan, D., & M. Djaelani. 2022. Hubungan Stres dan Strategi Coping bagi Mahasiswa Fakultas Teknik di Masa Pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 429−433.
Djazilan, M.S. & D. Darmawan. 2021. The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.
Djazilan, M. S. & M. Hariani. 2022. Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.
Gurnito, G. 2016. Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 1(1), 28-33.
Halizah, S. N., E.A. Sinambela, D. Darmawan & R. Mardikaningsih. 2022. The Influence of Entrepreneurship Education, Self-Efficacy, Locus of Control and Achievement Motivation on Entrepreneurial Intention, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(2), 47-58.
Istiqomah. & Jaharudin. 2019. Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Desa Mariat Pantai. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 2(2), 29-34.
Jannah, Z., M. F. Jazuli, T. S. Anjanarko, D. Darmawan, N. Masithoh, U. Chasanah, E. A. Sinambela, & E. Ernawati. 2023. Pendampingan Digital Marketing UMKM Budidaya Jamur Tiram Putih di Desa Jumputrejo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 1-6.
Khayru, R.K., R. N. K. Kabalmay, M. W. Amri & R. Mardikaningsih. 2022. The Role of Psychological Capital and Entrepreneurship Education on Student Entrepreneurial Intention, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(1), 49-60.
Khofifah, N., Y. Arianto, D. Darmawan, M. Masfufah, N. D. Aliyah, S. F. A. Arifin, R. Shofiyah, F. E. Sasmita, & M. E. Safira. 2023. Peningkatan Kebugaran Jasmani Warga melalui Kegiatan Senam Kreasi di Desa Jogosatru Kecamatan Sukodono, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 33-40.
Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. 2022. Social Media, Impact on Student Learning Behavior. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.
Kurniawan, Y. & E. Masnawati. 2022. Efforts to Improve Student Achievement Index Through Learning Motivation and Pedagogical Competence of Lecturers, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(2), 29-36.
Kurniati, N. & M.Y.M. El Yunusi. 2023. Methods for Cultivating Students' Personality and Morals Through Islamic Religious Education, Bulletin of Science, Technology and Society, 2(2), 25-30.
Lembong, D., S. Hutomo, & D. Darmawan. 2015. Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Mardikaningsih, R. 2014. Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.
Masfufah, M. & D. Darmawan. 2023. Children's Intelligence Potential: Exploration Through A Spiritual Approach, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 13-30.
Masnawati, E. & Y. Kurniawan. 2023. Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.
Masnawati, E. & M. Hariani. 2023. Teacher Example and its Impact on Students' Social Behavior, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 31-48.
Masnawati, E. & M. Hariani. 2023. Impact of Leadership, Discipline, and Organizational Commitment on the Effectiveness of Teacher Work, Bulletin of Science, Technology and Society, 2(2), 20-24.
Nisa, K., R. A. Ghifari, M. C. Rizky, R. Hardyansah, M. Y. M. El-Yunusi, I. Ikhwanuddin, & C. T. I. Dzinnur. 2023. Kolaborasi Antar Mahasiswa KKN UNSURI dengan Karang Taruna di Desa Jumputrejo dalam Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 19-24.
Putra, A. R. et al. 2022. Relationship between Parenting and Smartphone Use for Elementary School Age Children During the Covid 19 Pandemic. Bulletin of Multi-Disciplinary Science and Applied Technology, 1(4), 138-141.
Rafiuddin, A. & D. Darmawan. 2023. The Dynamics of Student Social Interaction with Teachers and Peers: Its Influence on Academic Achievement at MA Miftahut Thullab Sampang. Kabilah: Journal of Social Community, 8(2), 161-170.
Thahir, A. & B. Hidriyanti. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyah Kota Karang. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55-66.
Ummat, L. S. & E. Retnowati. 2022. The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.
Wahyudi, I., D. Darmawan, & R. Mardikaningsih. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Wahyuni, T., M. N. Azizi, F. F. Diba, M. S. Anwar, M. Munir, S. Priambodo, Y. S. Hamzah, & U. P. Lestari. 2023. Upaya Menumbuhkan Jiwa Solidaritas dan Sportifitas Melalui Kegiatan Lomba 17 Agustus Antar RT di Desa Kebon Agung Sukodono Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 25-32.
Wulandari, W. R. Nuraini, S. N. Halizah, E. Masnawati, & R. Mardikaningsih. 2023. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Siswa Sekolah Dasar, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 13-18.