LITERASI DIGITAL SEBAGAI PILAR PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MODERN

Authors

  • Solchan Ghozali Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Arif Rachman Putra Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Samsul Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Fachruddin Arrozi Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Bagus Firmansyah Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Busro Muhammad Al Mursyidi Universitas Sunan Giri Surabaya Author

Keywords:

literasi digital, pendidikan modern, kesenjangan digital, teknologi pendidikan, pelatihan guru, pemberdayaan masyarakat, pembangunan sosial-ekonomi

Abstract

Literasi digital telah menjadi kebutuhan mendasar dalam masyarakat modern yang semakin tergantung pada teknologi. Namun, tantangan seperti kesenjangan akses teknologi, kurangnya pelatihan pendidik, dan minimnya integrasi kurikulum berbasis digital, menciptakan hambatan signifikan dalam pengembangan literasi digital. Kajian ini menganalisis literatur untuk memahami isu-isu utama dalam literasi digital, termasuk peran pendidikan, dampak sosial-ekonomi, dan tantangan infrastruktur. Literasi digital menjadi kemampuan teknis, dan mencakup pemikiran kritis, evaluasi informasi, dan etika digital, yang diperlukan untuk menghadapi tantangan era informasi. Di sektor pendidikan, literasi digital memungkinkan pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan efektif, sementara di sektor ekonomi, literasi ini membuka peluang kerja dan kewirausahaan berbasis digital. Meskipun demikian, kesenjangan digital tetap menjadi penghalang utama, terutama di daerah terpencil. Kajian ini merekomendasikan strategi yang tepat seperti pengembangan infrastruktur, pengembangan kompetensi, penguatan kolaborasi lintas sektor, dan penyediaan konten digital yang relevan. Literasi digital meningkatkan kemampuan individu, dan berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi yang inklusif. Dengan upaya kolektif, literasi digital dapat menjadi pilar transformasi masyarakat menuju masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan. Dengan pendekatan studi literatur, kajian ini menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan program literasi digital yang inklusif dan relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi digital meningkatkan kualitas pendidikan dan memberdayakan masyarakat untuk beradaptasi dengan tuntutan era digital.

References

Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Saputra, H. H. (2021). Peningkatan literasi digital peserta didik: Studi pembelajaran menggunakan e-learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546-551.

Andayani, D., S. Kabalmay, R. Resandi, D. Darmawan. (2010). Pemberdayaan Karyawan Berbasis Keunggulan Bersaing. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Aprilianti, E.T. & E. S. Primawati. (2015). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(4), 243-256.

Arifin, S. & A.R. Putra. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(2), 141-154.

Arifin, S., S. Rahayu, D. Darmawan, & Y. Yanti. (2015). Kompensasi dan Kinerja Dosen, Studi Empiris terhadap Kebijakan Pengupahan di Perguruan Tinggi, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(4), 227-242.

Bond, M., & S. Bedenlier. (2019). Facilitating Student Engagement Through Educational Technology: Towards a Conceptual Framework. Journal of Interactive Media in Education, 1(11), 1-14.

Bowden, J. L. H., L. Tickle, & K. Naumann. (2021). The Four Pillars of Tertiary Student Engagement and Success: a holistic measurement approach. Studies in Higher Education, 46(6), 1207-1224.

Chakrabarti, R. (2024). Digital natives and education: Challenges and opportunities. Journal of Digital Education, 12(1), 45–60.

Damayanti, N., S. Hutomo, D. Darmawan & I. Wahyudi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Darmanto, D., A. R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Darmawan, D. (2015). Peranan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 173-182.

Darmawan, D. (2019). Bahasa Indonesia: Pengantar untuk Publikasi Ilmiah. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D., N. Azizah, D. Saraswati, M. Hariani, L. Hasanah, R. Mardikaningsih & T. Wijayanti. (2015). Keterlibatan Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Minat Mendaftar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 1(4), 257-272.

Davitri, E., M. Fikram, & R. Resandi. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 197-210.

Demir, M., & Şahin, E. (2014). Creativity in science education: Examining its role and applications. Science Education Research Journal, 12(3), 56–74.

Dena, S. & D. Darmawan. (2024). Character Development of Students in Public High School 4 Surabaya Through the Role of School Culture and Parenting Style. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 417–428.

Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. eksponen, 11(1), 20-27.

Fadhilah, M. N. (2021). Peran literasi digital dalam model pembelajaran blended learning mahasiswa PGMI. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 13-24.

Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.

Imanuddin, F. & D. Darmawan. (2024). Enhancing Learning Effectiveness Strategy: Self-Directed Learning and Learning Facilities at SMK Teknik Pal Surabaya. Jurnal Al-Qayyimah, 6(1), 99-105.

Indrawati, F., Hikmah, N., & Mailizar, M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(5), 478-485.

Irawan, A. I. & D. Darmawan. (2023). Examining How Family Environment and Learning Independence Affect Student Learning Motivation at MI Babussalam Krian Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1324-1333.

Irfan, M. & A. R. Putra. (2014). Komunikasi Interpersonal Antar Guru dan Siswa serta Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 69-76.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231-240.

Karina, A., T. Baskoro K. & D. Darmawan. (2012). Pengantar Psikologi. Addar Press, Jakarta.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Latif, A. & D. Darmawan. (2024). Examining How School Environment and Teacher Competence Affect Student Learning Motivation at MA Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher), 5(1), 69-75.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Maharani, L., & D. Darmawan. (2024). Factors Affecting Learning Achievement: Learning Discipline and Self-regulation at MTs Wachid Hasyim Surabaya. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 12-20.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2018). Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Pemahaman Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-26.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2021). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-39.

Mardikaningsih, R. & M. Hariani. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Kontribusi dari Kompetensi Kepribadian Guru serta Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(1), 1-12.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Mardikaningsih, R. (2014). Faktor-Faktor yang memengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 13-24.

Mardikaningsih, R., & A. R. Putra. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau dari Konsep Diri. Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya (IDEAS), 7(3), 173-178.

Masfufah, M., D. Darmawan, & E. Masnawati. (2023). Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, dan Investasi, 1(2), 214-228.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2022). School Organization Effectiveness: Educational Leadership Strategies in Resource Management and Teacher Performance Evaluation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 43–51.

Masnawati, E., D. Darmawan, & M. Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305-318.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. (2022). Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.

Mudzakkir, M. & D. Darmawan. (2024). The Influence of Teacher Teaching Styles and Leaning Motivation on The Learning Achievement. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan, 8(1), 79-91.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).

Nengseh, Y. & D. Darmawan. (2024). Motivation and Self-Efficacy as Drivers of Academic Learning Independence Among Students in UPT SD Negeri 313 Gresik. Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan, 8(1), 44-52.

Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132-139.

Noviyanti, D. V. & D. Darmawan, D. (2023). The Role of Academic Tutoring and Emotion Regulation in Mitigating Learning Boredom Among Students at SMA Khairunnas Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1334-1342.

Nurcahyo, M. A., & Setyowati, D. (2021). Mobile learning bermuatan science, technology, engineering, mathematics (stem) sebagai upaya peningkatan literasi digital. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 185-194.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.

Rafiuddin, A. & D. Darmawan. (2023). The Dynamics of Student Social Interaction with Teachers and Peers: Its Influence on Academic Achievement at MA Miftahut Thullab Sampang. Kabilah: Journal of Social Community, 8(2), 161-170.

Rahmawati, D. & D. Darmawan. (2024). The Relationship Between Assignment Methods and Social Interaction with the Level of Student Learning Activeness at Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Tandes. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 3(1), 49-58.

Rohani & D. Andayani. (2009). Strategi Belajar, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180.

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101.

Saputra, M. I., & Syahputra, M. C. (2021). Penanaman paham literasi digital dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 360-365.

Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar, Bumi Aksara. Jakarta.

Severiens, S., Wolff, R., & Herpen, S. V. (2015). Teaching for diversity: A literature overview and an analysis of the curriculum of a teacher training college. European Journal of Teacher Education, 37(3), 295-311.

Shavab, O. A. K. (2020). Literasi digital melalui pemanfaatan media pembelajaran edmodo pada pembelajaran sejarah. Sejarah dan Budaya: jurnal sejarah, budaya, dan pengajarannya, 14(2), 142.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Sutarjo, M., D. Darmawan & Yuni Indah Sari. (2007). Evaluasi Pendidikan. Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Ulfa, S., et al. (2017). PISA and science literacy in Indonesia. Jurnal Literasi Pendidikan, 5(3), 48–58.

Umroh, U., & D. Darmawan. (2024). The Dynamics of School Environment and the Impact of Parental Attention on the Academic Achievement of Students at SMA Negeri 1 Ketapang Sampang, Fondatia, 8(1), 77-87.

Wang, Y., et al. (2019). Meningkatkan literasi sains melalui kurikulum berbasis kompetensi. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 95–106.

Wong, A. C. K. (2015). Understanding Students' Experiences in Their Own Words: Moving beyond a Basic Analysis of Student Engagement. Canadian Journal of Higher Education, 45(2), 60-80.

Ya’lu, M. & D. Darmawan. (2024). Exploring the Influence of Self-Concept and Social Support on Achievement Motivation in Students of Madrasah Diniyah Hikmatun Najiyyah Sidosermo Surabaya. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(2), 121-127.

Yanti, Y. & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.

Yanti, Y., & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286

Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. (2013). Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Zahari, M., et al. (2024). Meningkatkan literasi sains di Malaysia: Pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Malaysia, 20(1), 120–135.

Zhao, C. M., & G.D. Kuh. (2004). Adding value: Learning communities and student engagement. Research in Higher Education, 45, 115-138.

Published

2024-10-25