REVITALISASI RUANG TERBUKA HIJAU KAMPUS MELALUI PENANAMAN POHON MANGGA DAN JAMBU
Keywords:
ruang terbuka hijau, kampus, KKN, penanaman pohon, mangga, jambu, konservasi lingkunganAbstract
Masalah lingkungan di area kampus menjadi semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa dan pembangunan infrastruktur yang intensif sehingga ruang terbuka hijau kian menyusut. Berkurangnya vegetasi menyebabkan penurunan kualitas udara, kenaikan suhu, dan menurunnya kenyamanan warga kampus. Lahan kosong yang tidak termanfaatkan juga menjadi sumber debu dan genangan air, memperburuk kerusakan lingkungan. Padatnya aktivitas manusia di kampus menambah tingkat polusi sehingga ekosistem lokal makin rentan terhadap dampak perubahan iklim, minimnya keanekaragaman hayati, serta menurunnya kualitas psikologis mahasiswa dan staf kampus. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa KKN bersama pihak kampus melakukan penanaman pohon mangga dan jambu secara partisipatif. Metode yang diterapkan melibatkan survei lokasi, pemilihan pohon adaptif, perencanaan tugas, dan pelaksanaan penanaman serta perawatan terstruktur. Hasil program menunjukkan keberhasilan penanaman 50 bibit mangga dan 10 bibit jambu di lahan kampus terpilih. Kegiatan ini tidak hanya memperbaiki aspek ekologi dan estetika, tetapi juga meningkatkan edukasi lingkungan serta potensi ekonomi berbasis hasil buah. Diharapkan kegiatan ini menjadi contoh dan inspirasi bagi institusi lain untuk mewujudkan kampus yang hijau, sehat, dan berkelanjutan.
References
Arifin, S., Putri, R. F. W., Rahma, A., Prameswari, K. S. P., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Putra, A. R. 2024. Pemberdayaan Anak-Anak Desa Pasinan Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menggunakan Metode Ecobrick. Padimas, 4(2), 21–28.
Chadee, S., & Maharaj, R. 2020. An Environmental Gap Analysis at a University Campus. Environmental Monitoring and Assessment, 192(8), 525.
Dahar, D., S. Arifin, R. Nuraini, & R. Mardikaningsih. 2022. Urban Forest: The Role of Improving the Quality of the Urban Environment. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 25-29.
El-Yunusi, M. Y. M., W. Novitasari, Y. Yuliah, R. Nuraini, R. Hardyansah, D. Darmawan, A. B. A. Majid. 2022. Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Optimalisasi Budidaya Sayur Menggunakan Hidroponik Selama Covid-19 Di Desa Terungwetan Krian, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1 – 10.
Khasanah, A.A.U., D. S. Negara, R. Saputra, S. Suwito, A. S. Wibowo, M. Mujito, & N. H. Pakpahan. 2024. Peranan Mahasiswa dalam Kerja Bakti Desa untuk Menyambut Perayaan 17 Agustus di Desa Sukodono Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(1), 1-10.
La Fua, J., Dayanti, N., Aisa, A., Sulfia, N., Yusro, M., Nurlaila, N., Nurzahfitri, A., & Nurlila, R. 2022. Using Green Open Spaces to Support Campus Academic Activities. KnE Social Sciences, 46-55.
Masnawati, E., Hariani, M., Halizah, S. N., Mardikaningsih, R., Firmanto, R., Rezza, M., Huda, Z., Wahyudi, E., Faridi, F., Wibowo, A., & Basar, M. I. 2024. Solidaritas Kreatif: Harmoni Dalam Transformasi Lingkungan Bersama. Padimas, 3(1), 1-9.
Masnawati, E., R. Mardikaningsih, M. Hariani, S. Sulipah, D. F. al Hasani, A. I. Irawan, & S. M. Safitri. 2024. Strategi Kolaboratif dalam Pengembangan Lingkungan Pembelajaran Kreatif, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 49 – 62.
Safira, M. E., Rahayu, M. A., Prameswari, K. S. P., Issalillah, F., Lestari, U. P., Mardikaningsih, R., & Hariani, M. 2024. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Penanaman TOGA untuk Kesehatan Keluarga di Desa Pademonegoro. Padimas, 4(1), 33–42.
Sinambela, E. A., M. Hariani, R. Mardikaningsih, D. Darmawan & A. R. Putra. 2021. Upaya Membantu Masyarakat Menekan Penyebaran Covid-19 melalui Pembagian Hand Sanitizer dan Masker di Pasar Manukan Kulon Surabaya, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1 – 10.
Vitrianingsih, Y., Issalillah, F., Aryanto, A., Sutriyono, S., Rusianto, R., Kahfi, A. D., Priyanto, A., & Sudiruddin, S. 2024. Upaya Bersama untuk Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat. Padimas, 3(1), 23-27.
Zandvliet, D. B., & Broekhuizen, A. 2017. Spaces for Learning: Development and Validation of the School Physical and Campus Environment Survey. Learning Environments Research, 20(2), 175-187.
Zinserling, V. 2023. The Campus as a Canvas. Routledge, London.