PENDIDIKAN KELUARGA DAN UPAYA MEMBANGUN HUBUNGAN SEHAT ANTARA ORANG TUA DAN ANAK
Keywords:
pendidikan keluarga, hukum keluarga, hubungan sehat, hak asuh, kewajiban orang tua, perlindungan anak, komunikasi keluargaAbstract
Pendidikan keluarga yang berbasis pada hukum keluarga memiliki peran penting untuk membangun hubungan yang sehat antara orang tua dan anak. Orang tua seharusnya memberikan pendidikan mengenai hak dan kewajiban mereka serta hak anak dalam pengasuhan. Pemahaman tersebut memungkinkan orang tua untuk menjalankan peran mereka dengan bijaksana, menghindari ketegangan dalam keluarga, dan menjaga hubungan yang harmonis. Pendidikan yang berfokus pada hukum keluarga membantu orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang pentingnya menghormati hak orang lain dan mengikuti aturan yang berlaku, baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam masyarakat. Selain itu, pendidikan keluarga yang tepat juga berperan untuk mengurangi konflik hukum dalam keluarga, seperti sengketa hak asuh anak. Oleh karena itu, untuk menciptakan keluarga yang lebih sehat dan harmonis, pendidikan keluarga yang berbasis hukum sangat penting untuk diperkenalkan dan diterapkan lebih luas. Pengetahuan tentang hukum keluarga akan memberikan wawasan yang lebih baik bagi orang tua dan anak untuk menjaga hubungan yang saling menghormati, adil, dan penuh kasih.
References
Bunijevac, M. (2017). Parental involvement as a important factor for successful education. Center for Educational Policy Studies Journal, 7(3), 137-153.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
da Costa, S., D. Darmawan, & A. de Jesus Isaac. (2022). Self-Identity Formation and Social Perception of Individuals through Interaction on Social Media in a Digital World, Journal of Social Science Studies, 2(2), 273 – 278.
Evendi, W. & M. Masfufah. (2023). Balance of Technology Use in Muslim Family Life, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 31–35.
Galindo, C., & Sheldon, S. B. (2012). School and home connections and children's kindergarten achievement gains: The mediating role of family involvement. Early childhood research quarterly, 27(1), 90-103.
Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144-152.
Lander, L., Howsare, J., & Byrne, M. (2013). The impact of substance use disorders on families and children: from theory to practice. Social work in public health, 28(3-4), 194-205.
Lauricella, A. R., Wartella, E., & Rideout, V. J. (2015). Young children's screen time: The complex role of parent and child factors. Journal of Applied Developmental Psychology, 36, 11-17.
Masfufah, M. & D. Darmawan. (2023). The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in Early Childhood, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(3), 33–38.
Masnawati, E. & M. Masfufah. (2023). Family Support and Early Childhood Education: A Qualitative Perspective, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(2), 32–37.
Masnawati, E. & M. Masfufah. (2023). The Role of Parents in Shaping Children's Character, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(2), 1–9.
Masnawati, E., M. Hariani, R. Mardikaningsih, D. V. Noviyanti, S. M. Safitri, A. Alfiyani HD, & A. Saniatur. (2023). Environmental Education Strategies in Islamic Education to Create an Ecologically Minded Generation. Bulletin of Science, Technology and Society, 2(1), 39-48.
Morris, A. S., Criss, M. M., Silk, J. S., & Houltberg, B. J. (2017). The impact of parenting on emotion regulation during childhood and adolescence. Child development perspectives, 11(4), 233-238.
Neece, C. L., Green, S. A., & Baker, B. L. (2012). Parenting stress and child behavior problems: A transactional relationship across time. American journal on intellectual and developmental disabilities, 117(1), 48-66.
Priyatama, S., N. D. Aliyah, R. Mardikaningsih, M. E. Safira, F. Issalillah. (2022). Juridical Analysis of the Implementation of Artificial Insemination in Indonesia: Legal Status and Children's Rights in Positive Perspective Law, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 27-32.
Safira, M. E., N. D. Aliyah, W. Evendi, & M. S. F. Yulianis. (2021). Managing Parenting Style in the Digital Age: Choices, Influences, and Social Impacts, Journal of Social Science Studies, 1(2), 15 – 20.
Safira, M.E. & M. Y. M. El-Yunusi. (2023). The Dynamics of Violence Against Children in the Family Environment: An Analysis According to the Principles of Islamic Law and the Perspective of Law No. 35 of 2014 on the Amendment to Law No. 23 of 2002 on Child Protection, Legalis et Socialis Studiis, 1(2), 34-42.
Smith, A. M., & Grzywacz, J. G. (2014). Health and well-being in midlife parents of children with special health needs. Families, Systems, & Health, 32(3), 303.
Zahid, R. A. & D. Darmawan. (2022). Analyze the Effect of Social Stereotypes on Intergroup Relations in Society and Social Equality, Journal of Social Science Studies, 2(2), 195 – 200.