PENGEMBANGAN USAHA KRIPIK TEMPE UD BAROKAH KEMLAGI MOJOKERTO MELALUI PENGAMATAN KESADARAN MEREK, LOKASI, HARGA, DAN KUALITAS UNTUK MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK
Kata Kunci:
kesadaran merek, lokasi, harga, kualitas pelayananAbstrak
Di dunia bisnis, persaingan yang semakin ketat telah menyebabkan banyak perusahaan berusaha menemukan suatu strategi yang seharusnya secara cepat serta tepat dalam hal memasarkan produknya. Keputusan pembelian merupakan tahapan dalam proses sebelum pembelian untuk menentukan keputusan bagi pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, lokasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian kripik tempe UD Barokah Kemlagi Mojokerto. Sampel yang digunakan di penelitian ini berjumlah 78 responden. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, koefisien determinasi, uji t dan analisis regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa keempat variabel bebas secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat keputusan pembelian. Variabel kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu pun dengan variabel lokasi dan variabel kualitas pelayanan. Pengaruh dominan dimiliki variabel kualitas pelayanan merupakan variabel bebas yang dominan memengaruhi variabel terikat yaitu keputusan pembelian.
Referensi
Agustini, Ni Putu Evi., I Gst. A. Kt. Gd. Suasana. 2020. Pengaruh Ekuitas Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks di Bali. Buletin Studi Ekonomi, 25(1), 52-79.
Darmawan, D. 2011. Pengantar Manajemen Merek. Metromedia, Surabaya.
Darmawan, D. 2019. Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 75-88.
Darmawan, D. 2020. Pengaruh Citra Toko, Lokasi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 17-22.
Darmawan, D., & S. Arifin. 2021. Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya, 7(3), 179-186.
Darmawan, D. & J. Gatheru. 2021. Understanding Impulsive Buying Behavior in Marketplace, Journal of Social Science Studies, 1(1), 11-18.
Durianto, D. 2015. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ernawati, E. & D. Darmawan. 2017. Korelasi Lokasi dan Promosi dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 1-7.
Ferrinadewi, E. & D. Darmawan. 2004. Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.
Fure, Hendra. 2015. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA. 1(3), 273-283.
Gunawan, A., S. Arum, R. Mahyanaila & H. Khasanah. 2019. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik, Spektrum Nusa Press, Jakarta
Iskandar, M. & D. Darmawan. 2003. Strategi Pemasaran, IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Issalillah, F., D. Darmawan & R. K. Khayru. 2021. Social Cultural, Demographic and Psychological Effects on Insurance Product Purchase Decisions, Journal of Science, Technology and Society, 2(1), 1-10.
Jahroni., E. A. Sinambela., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. 2021. Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234-10241.
Khairi, M. & D. Darmawan. 2021. The Relationship Between Destination Attractiveness, Location, Tourism Facilities, And Revisit Intentions, Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 39-50.
Khasanah, H., S. Arum, D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis. Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Khayru, R.K. 2021. Opinions about Consumer Behavior during the Covid-19 Pandemic, Journal of Social Science Studies, 1(1), 31-36.
Khayru, R.K. & F. Issalillah. 2021. Study on Consumer Behavior and Purchase of Herbal Medicine Based on The Marketing Mix, Journal of Marketing and Business Research, 1(1), 1-14.
Khayru, R. K., D. Darmawan., & M. Munir. 2021. Analysis of Product Preference of Chitato and Lays Potato Chips. Marginal: Journal of Management, Accounting, General Finance and International Economic Issues, 1(1), 10-15.
Kotler, P. & G.Armstrong. 2014. Principles of Marketing (14thEdition). Pearson, New Jersey.
Kurniawan, Y., E. Retnowati, D. Darmawan, N. S. Wisnujati & A. Hardianingsih. 2021. The Influence of Economic Income Level and Knowledge on Students' Consumption Level, Journal of Science, Technology and Society, 2(1), 25-34.
Mardikaningsih, R. & E. A. Sinambela. 2016. Peranan Komunikasi Pemasaran, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kesetiaan Merek, Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 33-52.
Mardikaningsih, R. 2017. Perencanaan Bisnis, Metromedia, Surabaya.
Mardikaningsih, R & S. Arifin. 2021. Study on Education Level and Consequences of Licensing and Interest in Making Small Business Licensing, Journal of Social Science Studies, 1(1), 19-24.
Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. 2021. Pengaruh Gaya Hidup, Lokasi, dan Kelompok Acuan terhadap Minat Kunjung Kembali Tunjungan Plaza Surabaya. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(2), 43-48.
Mc Donald M & Dunbar I. 2014. Market Segmentation How to Do It and How to Profit From it. United Kingdom: The Atrium.
Mowen, John C & Micheal Minor. 2015. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Erlangga, Jakarta.
Retnowati, E., D. Darmawan., R. Mardikaningsih., & E. A. Sinambela. 2021. Pengaruh Pencapaian Kepuasan Konsumen Rumah Makan Berdasarkan Kesan Kualitas Produksi dan Harga. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 4(2), 1382-1389.
Retnowati, E., U. P. Lestari, R. Mardikaningsih, E. A. Sinambela, D. Darmawan, A. R Putra, & S. Arifin. 2021. The Effect of Packaging, Product Variance, and Brand Equity on Nutella Consumer Trust. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 1(1), 169-180.
Sinambela, E. A. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan, Management & Accounting Research Journal, 1(2), 44-49.
Sinambela, E. A., P. P. Sari., & S. Arifin. 2020. Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi, 13(1), 55-70.
Soebakir, Budi D., B. Lumanauw. & F. Roring. 2018. Pengaruh Brand, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli di Kedai Kopi Gudang Imaji Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 3843 –3852.
Sudarsono, Adrian & Maryani E. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli di CV Panda Bakery. Jurnal Manajemen Pemasaranl STIE IBBI Medan, 2(1), 23-36.
Sulaksono, S., E. Retnowati, U. P. Lestari, M. Kemarauwana, Hermawan, D. Darmawan, & R. Mardikaningsih. 2021. Considerations for Students Choose a Collection Based on Education Cost, Location, and University Reputation, Journal of Marketing and Business Research, 1(2), 115-126.
Yanti, Yulianti. & Yuliana. 2018. Manajemen Pemasaran, IntiPresindo Pustaka, Bandung.