PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DOSEN

Penulis

  • Mochamad Irfan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Penulis
  • Mila Hariani Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto Penulis

Kata Kunci:

kepemimpinan, iklim organisasi, kepuasan kerja dosen

Abstrak

Setiap perguruan tinggi menetapkan tujuan pada proses kegiatannya. Agar perguruan tinggi dapat memenuhi keinginan sesuai dengan tujuan yang direncanakan maka dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak. Dosen akan menghasilkan kinerja yang baik jika pada saat bekerja, dosen tersebut merasa puas terhadap pekerjaannya. Dengan demikian untuk pencapaian tujuan perguruan tinggi maka kepuasan kerja dosen perlu terus ditingkatkan. Berbagai faktor yang menjadi pembentuk kepuasan kerja dosen seperti kepemimpinan dan iklim organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap pembentukan kepuasan kerja dosen. Populasi penelitian ini adalah dosen dengan rumpun ekonomi yang bertugas di Jawa Timur. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang diperoleh dengan purposive sampling. Selain dari literature yang yang berhubungan dengan variabel penelitian, data penelitian juga didapatkan dari tanggapan kuesioner. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dosen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kepuasan kerja dosen dapat terbentuk dari iklim organisasi yang mendukung. Penelitian ini menunjukkan peningkatan kepemimpinan dan iklim organisasi secara bersama juga akan meningkatkan kepuasan kerja dosen.

Referensi

Adeyemi, T. O., & E. T. Adu. 2013. Head Teachers’leadership Styles’ and Teachers Job Satisfaction in Primary Schools in Ekiti State, Nigeria. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 2(2), 69–79.

Andayani, D. & D. Darmawan. 2011. Determinan Variabel Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan Sebagai Kontributor Perilaku dan Kinerja Organisasi Berbasis Keunggulan Bersaing, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 35-54.

Arani, A. M., & P. Abbasi. 2004. Relationship Between Secondary School Teachers’ Job Satisfaction and School Organizational Climate in Iran and India. Pakistan Journal of Psychological Research, 19(1–2), 37–49.

Arifin, S. & A.R. Putra. 2014. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(2), 141-154.

Arifin, S., S. Rahayu, D. Darmawan, & Y. Yanti. 2015. Kompensasi dan Kinerja Dosen, Studi Empiris terhadap Kebijakan Pengupahan di Perguruan Tinggi, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(4), 227-242.

Armandi, B., J. Oppedisano., & H. Sherman. 2003. Leadership Theory and Practice: a “Case” in Point. Management Decision, 41(10), 1076–1088.

Bogler, R. 2001. The Influence of Leadership Style on Teacher Job Satisfaction. Educational Administration Quarterly, 37(5), 662-683.

Bush, T. 2012. Enhancing Leadership Density Through Teamwork. Educational Management Administration & Leadership, 40(6), 649-652.

Clegg, S., Clarke, T., & Ibarra, E. 2001. Millennium Management, Changing Paradigms and Organizational studies. Human Relations, 54(1), 31-36.

Collie, R. J., J. D. Shapka., & N. E. Perry. 2012. School Climate and Social-Emotional Learning: Predicting Teacher Stress, Job Satisfaction, and Teaching Efficacy. Journal of Educational Psychology,104(4), 1189–1204.

Darmawan, D. 2015. Metodologi Penelitian, Metromedia, Surabaya

Darmawan, D. 2015. Hubungan Stres Kerja dan Kinerja Dosen, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(1), 1-8.

Darmawan, D. 2016. Peranan Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(3), 157-166.

Darmawan, D., E. A. Sinambela, M. Hariani & M. Irfan. 2020. Analisis Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja dan Etos Kerja yang Memengaruhi Kinerja Pegawai, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 58-70.

Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. 2021. Kepuasan Kerja: Teori dan Studi Ilmiah. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim, Solok.

Ghavifekr, S., & N. S. Pillai. 2016. The Relationship Between School’s Organizational Climate and Teacher’s Job Satisfaction: Malaysian Experience. Asia Pacific Education Review, 17(1), 87–106.

Hoy, W., & C. Miskel. 2008. Educational Administration: Theory, Research and Practice (8th ed.). McGraw-Hill. New York.

Hutomo, S. & D. Darmawan. 2011. Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Menuju Keunggulan Bersaing, Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 13-22.

Infante, A. & D. Darmawan. 2022. Women in Human Resource Management Practice, Journal of Social Science Studies, 2(1), 27-30.

Jiang, Y., Qian, Q., & Yan, C. 2006. A Study on The Structure Model of Teachers’ Job Satisfaction. Psychological Science, 29(1), 162–164.

Judge, T. A., C. J. Thoresen., J. E. Bono., & G. K. Patton. 2001. The Job Satisfaction–Job Performance Relationship: A Qualitative and Quantitative Review. Psychological Bulletin, 127(3), 376-407.

Karina, A., R. Mardikaningsih, & E. Retnowati. 2015. Dampak Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(2), 69-84.

Khasanah, H., S. Arum, & D. Darmawan. 2010. Pengantar Manajemen Bisnis, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Kim, S. 2002. Participative Management and Job Satisfaction: Lessons for Management Leadership. Public Administration Review, 62(2), 231-241.

Landy, F. J. 1989. Psychology of Work Behavior. Thomson Brooks/Cole Publishing. Pacific Grove, CA.

Lestari, U. P., E. A. Sinambela., R. Mardikaningsih., & D. Darmawan. 2020. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 3(2), 529-536.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. 2012. Studi Tentang Karakteristik Individu, Kepemimpinan, Kompensasi, Organizational Citizenship Behavior, dan Budaya Organisasi Untuk Membentuk Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 7-25.

Mardikaningsih, R. 2013. Pengukuran Kinerja Dosen berdasarkan Penilaian Mahasiswa, Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 15-26.

Mardikaningsih, R. 2015. Kesan Mahasiswa Terhadap Kesiapan Dosen Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(3), 155-162.

Mardikaningsih, R. 2016. Variabel Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan. Management & Accounting Research Journal, 1 (1): 55-62.

Mount, M., R. Ilies., & E. Johnson. 2006. Relationship of Personality Traitsand Counterproductive Work Behaviors: The Mediating Effects of Job Satisfaction. Personnel Psychology, 59, 591–622.

Newstrom, J. W., & Davis, K. 1993. Organizational Behavior: Human Behavior at Work (9th ed.). McGraw-Hill. New York.

Palembeta, T. & S. Arifin. 2014. Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Motivasi Kerja Pegawai, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 23-32.

Paracha, M. U., A. Qamar., A. Mirza., & I. H. Waqas. 2012. Impact of Leadership Style (Transformational & Transactional Leadership) on Employee Performance & Mediating Role of Job Satisfaction: Study of Private School (educator) in Pakistan. Global Journal of Management and Business Research, 12(4/1), 54-63.

Putra, A. R. & E. A. Sinambela. 2021. Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Dosen. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 58-67.

Qian, Q., Jiang, Y., & Ruan, T. 2007. A Study of The Structure Model of Kindergartens’ organizational Climate and Teachers’ Professional Development. Psychological Science, 30(3), 723–726.

Santosa, A. & D. Darmawan. 2002. Hubungan Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan, Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 81-92.

Sinambela, E. A. 2014. Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan dan Loyalitas Kerja. Jurnal Ilmu Sosial, 7(3), 123-136.

Wahat, N. W. A. 2009. Organizational Climate as a Predictor to Job Satisfaction of New Faculties in Three Public Universities of Malaysia. The Journal of Global Business Management, 5(1), 287–295.

Yılmaz, A., & Ceylan, Ç. B. 2011. Relationship Between Primary School Administrators’ Leadership Behavior and Job Satisfaction of Teachers. Educational Administration: Theory and Practice, 17(2), 277-394.

Yukl, G. A. 2013. Leadership in Organizations. 8th Edition, Prentice-Hall, Upper Saddle River.

Yuliana, H. Khasanah, & R. Mardikaningsih. 2016. Peran Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 213-226.

Zhou, X. 2011. Early Childhood Education Policy Development in China. International Journal of Child Care and Education Policy, 5(1), 29–39.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-29