NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN KEBERSAMAAN DALAM TRADISI PERAYAAN ISRA MIKRAJ DI KECAMATAN KRIAN

Penulis

  • Samsul Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Tri Marfiyanto Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Adi Herisasono Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Muhammad Zakki Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Wakid Efendi Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Mujito Mujito Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Muhammad Wihdatun Nafiin Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Isra Mikraj, nilai pendidikan, kebersamaan, sholawatan, khataman, pengajian, spiritualitas

Abstrak

Perayaan Isra Mikraj merupakan tradisi keagamaan yang memiliki nilai-nilai pendidikan dan kebersamaan bagi umat Islam. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menggali dan memperkuat nilai-nilai tersebut melalui rangkaian acara, seperti pengajian, sholawatan, khataman Al-Qur’an, dan pembacaan doa. Dilaksanakan di Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, kegiatan ini melibatkan ratusan masyarakat dari berbagai kalangan. Pengajian dan tausiyah menekankan pentingnya keimanan, ketaatan, dan tanggung jawab, dengan merujuk pada perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW. Kegiatan sholawatan dan khataman Al-Qur’an memperkuat kebersamaan, sementara pembacaan doa menjadi refleksi spiritual untuk memperdalam hubungan dengan Allah SWT. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai pendidikan dalam Isra Mikraj, terutama pentingnya shalat sebagai pondasi akhlak mulia. Partisipasi aktif masyarakat, termasuk generasi muda, berhasil mempererat hubungan sosial dan spiritual. Kegiatan ini tidak hanya menjaga tradisi keagamaan tetapi juga memotivasi masyarakat untuk terus mengembangkan kualitas keimanan dan kebersamaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk pelaksanaan perayaan keagamaan yang lebih bermakna dan berkelanjutan.

Referensi

Damayanti, N., S. Hutomo, D. Darmawan & I. Wahyudi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Darmanto, D., A. R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Hidayat, M., & Setia, K. (2015). Nilai–nilai pendidikan pada peristiwa Isra Mi’raj. Fikiran Masyarakat, 3(2), 113-132.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Tohopi, R. (2012). Tradisi Perayaan Isra’Mi’raj dalam Budaya Islam Lokal Masyarakat Gorontalo. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 14(1), 135-155.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-29