INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PERSPEKTIF PEDAGOGIS DAN BUDAYA
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, teknologi pendidikan, literasi digital, konten digital, era digitalAbstrak
Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital menghadapi tantangan dan peluang besar untuk memastikan relevansinya terhadap perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran PAI berbasis teknologi melalui pendekatan tinjauan literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi, seperti flipped classroom dan platform digital, dapat meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Namun, validitas konten digital, literasi teknologi pendidik, dan kesenjangan infrastruktur menjadi tantangan utama yang harus diatasi. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pendekatan sensitif budaya untuk memastikan penerimaan masyarakat terhadap teknologi dalam pembelajaran agama. Dengan strategi yang tepat, integrasi teknologi dalam PAI dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam tanpa mengorbankan esensi nilai-nilai spiritual. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan literasi digital bagi pendidik, pengembangan platform digital khusus PAI, dan penyediaan infrastruktur yang merata sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran PAI.
Referensi
Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Alamin, Z. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Efektivitas Pembelajaran Agama Islam di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Digital, 10(2), 145-159.
Anam, R. (2022). Validitas Konten Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 8(1), 45-60.
Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.
Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.
Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.
Safitri, D. (2022). Teknologi sebagai Alat Strategis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 7(3), 200-215.
Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar, Bumi Aksara. Jakarta.
Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Sutarjo, M., D. Darmawan & Yuni Indah Sari. (2007). Evaluasi Pendidikan. Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Yanti, Y., & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286
Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. (2013). Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.