MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN PERAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN LITERASI DIGITAL

Penulis

  • Ella Anastasya Sinambela Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Eli Masnawati Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Nelud Darajaatul Aliyah Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Mirza Elmy Safira Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Mila Hariani Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Fayola Issalillah Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Nurul Masithoh Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

kecerdasan emosional guru, literasi digital, motivasi belajar

Abstrak

Kesuksesan akademis yang berhasil diraih oleh siswa tentu saja tidak terlepas dari motivasi belajarnya. Motivasi belajar juga disebabkan oleh sejumlah faktor. Seperti pada penelitian ini yang mengkaji variabel kecerdasan emosional guru dan literasi digital karena dianggap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian kuantitatif ini teknik survei digunakan untuk pengumpulan data tentang kecerdasan emosional guru, literasi digital dan motivasi belajar. Salah satu Sekolah Menengah Pertama Swasta yang berlokasi di Wilayah Kabupaten Sidoarjo menjadi lokasi penelitiannya. Sampelnya dipilih menggunakan teknik accidental dan terkumpul 80 responden. Alat analisisnya ialah regresi linier berganda yang dapat memperhitungkan keadaan dari variabel kecerdasan emosional guru dan literasi digital terhadap motivasi belajar melalui SPSS versi ke-26. Hasil penelitian saat ini membantu menyimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peran yang signifikan diantara kecerdasan emosional guru dan literasi digital untuk meningkatkan motivasi belajar. Artinya pengaruh yang diberikan dapat secara parsial maupun simultan. Kecerdasan emosional guru memainkan peran penting dalam membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar. Begitu juga selama proses pembelajaran yang terjadi siswa lebih terbantu dan termotivasi karena adanya literasi digital yang memadai.

Referensi

Adha, M. M. 2013. Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Urgensi Pendidikan Karakter dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(3), 1-12.

Akmal, D., D. Darmawan., & A. Wardani. 2015. Manajemen Pendidikan. Inti Presindo Pustaka, Aksara, Bandung.

Al Mursyidi, B. M. & D. Darmawan. 2023. The Influence of Academic Success of Islamic Religious Education and Social Media Involvement on Student Morality. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 17(2), 321-331.

Alavinia, P., A. Bonyadi, & N. Razavi. 2012. On the Correlation between Teachers’ Emotional Intelligence and Learners’ Motivation: The case of Iranian EFL learners. Journal of Education and Practice, 3(13), 100-110.

Andayani, D. & D. Darmawan. 2004. Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Anwar, M. N., & S. Farooq. 2021. The Role of Elementary Teachers’ Emotional Intelligence Competencies in Improving Students’ Motivation and Student-teacher Relationship. Sir Syed Journal of Education & Social Research, 4(2), 492-499.

Bar-On, R. 2010. Emotional intelligence: An integral part of positive psychology. South African Journal of Psychology, 40(1), 54-62.

Baskoro, B. D., R. Mardikaningsih & E. A. Sinambela. 2021. Hubungan Kecerdasan Emosional, Tacit Knowledge Sharing, dan Perilaku Kerja Inovatif pada Pekerja Konstruksi di Jakarta. Jurnal Manajemen Teknologi, 20(2), 157-172.

Bechter, B. E., P. R. Whipp., J. A. Dimmock,., & B. Jackson. 2023. Emotional Intelligence and Interpersonal Relationship Quality as Predictors of High School Physical Education Teachers’ Intrinsic Motivation. Current Psychology, 42(9), 7457-7465.

Darmawan, D. 2007. Strategi Belajar. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D., F. Issalillah., E. Retnowati., & D. R. Mataputun. 2021. Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.

Darmawan, D. & A. R. Putra. 2022. Pencapaian Efektivitas Kerja Melalui Optimalisasi Kecerdasan Emosional Dan Pemberian Beban Kerja Secara Tepat Kepada Karyawan. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 8-16.

Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. 2022. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.

Djazilan, M.S. & D. Darmawan. 2021. The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.

Djazilan, M. S. & M. Hariani. 2022. Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.

Djazilan, M.S. & D. Darmawan. 2022. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17 – 26.

Ellis, K. 2004. The Impact of Perceived Teacher Confirmation on Receiver Apprehension, Motivation, and Learning. Communication Education, 53(1), 1-20.

Eshet, Y. 2004. Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of educational multimedia and hypermedia, 13(1), 93-106.

Evendi, W. & M. Masfufah. 2023. Balance of Technology Use in Muslim Family Life, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 31–35.

Gardner, R. C. 1985a. Social Psychology and Second Language Learning: The role of attitude and motivation. Edward Arnold, London.

Gardner, R. C. 1985b. The Attitude Motivation Test Battery: Technical report. University of Western Ontario, Ontario.

Gilster, P. 1997. Digital Literacy. John Wiley & Sons, Canada.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence. Bantam Books, New York.

Han, J., & Y. Yin. 2016. Teacher Motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogent education, 3(1), 1217819.

Hasan, H., D. Dedi Hermanto Karwan, Y.H. Een, R. Riswanti, & S. Ujang. 2021. Motivation and Learning Strategies Student Motivation Affects Student Learning Strategies. Despite being a popular research subject internationally, self-regulated learning is relatively under-investigated in the Indonesian context. This Article Examined Student Learning Motivation and Its Use as an Indicator to Predict Student Learning Strategy, 10(1), 39-49.

Issalillah, F. & R. K. Khayru. 2021. Stress and Reference Group Contribution to Achievement Motivation of Student, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 13-28.

Hutomo, S., D. Akhmal., D. Darmawan., & Y. Yuliana. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta.

Khayru, R.K. & M.S. Sukron. 2022. Minat Peserta Didik Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi ditinjau dari Status Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Diri, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 13 – 22.

Kholid, K. & D. Darmawan. 2023. The Influence of Digital Literacy and Learning Media Utilization on Student Learning Motivation. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 393-403.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. 2022. Social Media, Impact on Student Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Lembong, D., S. Hutomo., & D. Darmawan. 2015. Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Lenka, S. K., & R. Kant. 2012. A Study of Academic Anxiety of Special Need’s Children in Special Reference to Hearing Impaired and Learning Disabled. International Journal of Multidisciplinary Research, 2(2), 64-72.

MacIntyre, P. D. 2002. Motivation, Anxiety and Emotion in Second Language Acquisition. Individual Differences and Instructed Language Learning, 2, 45-68.

Masfufah, M. & D. Darmawan. 2023. Children's Intelligence Potential: Exploration Through a Spiritual Approach, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 13-30.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. 2022. Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.

Masnawati, E., M.S. Djazilan, & D. Darmawan 2022. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17 – 26.

Masnawati, E., R. Mardikaningsih, N. S. Wisnujati, M. Hariani, & Y Kurniawan. 2022. Student's Perception of the Effectiveness of Online Learning Implementation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(2), 22 – 25.

Masnawati, E. & D. Darmawan. 2023. Optimal Utilization of Google Classroom Media in Online Learning, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 20–24.

Masnawati, E. & M. Masfufah. 2023. The Role of Parents in Shaping Children's Character, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(2), 1–9.

Muthik, A., A. Muchyidin, & A.R. Persada. 2022. The Effectiveness Of Students' Learning Motivation On Learning Outcomes Using The Reciprocal Teaching Learning Model. Journal of General Education and Humanities, 1(1), 21-30.

Noviyanti, D. V. & D. Darmawan, D. 2023. The Role of Academic Tutoring and Emotion Regulation in Mitigating Learning Boredom Among Students at SMA Khairunnas Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1334-1342.

Nurjanah, E., A. Rusmana, & A. Yanto. 2017. Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 117-140.

Orhan Özen, S. 2017. The Effect of Motivation on Student Achievement. The factors effecting student achievement: Meta-analysis of Empirical Studies, 35-56.

Permadi, A. S., A. Purtina, & M. Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar: The Effect of Information Technology Utilization and Communication on Study Motivation. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16-21.

Pramudya, G. & R. Mardikaningsih. 2021. Peningkatan Kinerja Guru melalui Motivasi Diri, Konsep Diri dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto), Jurnal Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-20.

Prasetyo, J., M. Irfan, M. Hariani, Y. R. Al Hakim & D. S. Sigita. 2022. Studi Tentang Pemahaman Guru SMP Mengenai Asesmen autentik, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 7 – 12.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. 2014. Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Rafiuddin, A. & D. Darmawan. 2023. The Dynamics of Student Social Interaction with Teachers and Peers: Its Influence on Academic Achievement at MA Miftahut Thullab Sampang. Kabilah: Journal of Social Community, 8(2), 161-170.

Rennie, F., & R. Mason. 2009. Elearning Panduan Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet Diterjemahkan dari Elearning Taylor Francis, London-New York. Pustaka Baca, Yogyakarta.

Roohani, A., & N. Mohammadi. 2014. The Relationship Between Efl Teachers’emotional Intelligence and Students’motivational Attributes. The Journal of Teaching Language Skills (JTLS), 6(3), 125-145.

Safitri, S. M. & D. Darmawan. 2023. Enhancing Students'learning Interest: The Role of Teacher's Teaching Style and Parental Support at SD Negeri Wadungasri Waru Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1343-1352.

Salami, S. O. 2007. Moderating Effect of Emotional Intelligence on the Relationship between Emotional Labour and Organizational Citizenship Behaviour. European Journal of Social Sciences, 5(2), 142-150.

Saville-Troike, M. 2006. Introducing Second Language Acquisition. Cambridge University Press, Cambridge.

Seifert, T. 2004. Understanding student motivation. Educational Research, 46(2), 137-149.

Sinambela, E. A. 2014. Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 91-104.

Sutrisna, I. P. G. 2020. Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283.

Ummat, L.S. & E. Retnowati. 2022. The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.

Wahyuni, S., Y. Novitasari, S. Suharni, & R. Reswita. 2023. The Effect of Digital Literacy-Based Learning on Student Motivation and Socialization Ability. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(2), 88-98.

Yanti, Y., & D. Darmawan. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286

Yanzi, H., O.T. Hidayat, A. Mentari, & D. Budimansyah. 2019. Global Citizens Awareness through Digital Literacy in the Fourth Industrial Revolution: A Review of the Literature. Series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 317(13), 65-69.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-28