FAKTOR-FAKTOR UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Penulis

  • Mila Hariani Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Eli Masnawati Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

pendidikan, motivasi belajar siswa, pendidik profesional, guru

Abstrak

Guru memiliki pengaruh yang luar biasa bagi arah pengembangan pendidikan di Indonesia. Guru dipandang sebagai pendidik profesional. Guru dituntut untuk mampu mengembangkan motivasi belajar siswa. Usaha yang dilakukan seorang guru supaya motivasi belajar siswa dapat berkembang dilakukan untuk memenuhi tugasnya yang memberikan pendidikan, pengajaran, pembimbingan, sebagai pengarah, pelatih, serta memberikan dasilitas belajar pada siswa dengan tujuan siswa akan mempunyai kesadaran, keinginan, serta semangat untuk belajar. Tulisan ini bermaksud untuk menguraikan faktor-faktor yang dapat mengembangkan motivasi belajar siswa di sekolah. Ada beberapa faktor yang dapat mengembangkan motivasi belajar dalam diri siswa. Faktor-faktor itu diantaranya dengan memberikan penjelasan mengenai manfaat pembelajaran, menghubungkan pengalaman yang dimiliki siswa dengan pembelajaran yang dilakukan, menunjukkan sikap antusias saat mengajar, serta memberikan pemahaman bahwa belajar menyenangkan dan bukan sebuag beban. Guru juga perlu menciptakan kegiatan belajar dengan suasana yang kondusif, memberikan informasi mengenai capaian nilai siswa, membentuk kompetisi yang sehat, dan juga memberikan penghargaan atau hukuman. Faktor penting yang turut menentukan keberhasilan pembelajaran adalah motivasi yang dimiliki oleh siswa. Semakin besar motivasi belajar siswa, semakin besar pula kemungkinan tercapainya tujuan pembelajaran. Guru berperan pada pengembangan motivasi belajar siswa. Guru diwajibkan untuk selalu menciptakan kegiatan belajar yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.  Untuk itu guru dituntut untuk memiliki berbagai metode agar motivasi belajar siswa selalu meningkat.

Referensi

Andayani, D. & D. Darmawan. 2004. Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Arifin, S. & Y. Kurniawan. 2022. The Influence of Student Organizational Activities and Learning Discipline on Learning Outcomes, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(1), 75-84.

Çelen, B., S. Kariv, & A. Schotter. 2010. An experimental test of advice and social learning. Management Science, 56(10), 1687–1701.

Cudney, E. A., & J. M. Ezzell. 2017. Evaluating the impact of teaching methods on student motivation. Journal of STEM Education, 18(1), 32–50.

Darmanto, D., A.R. Putra & R. Mardikaningsih. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Darmawan, D. 2008. Teori Motivasi. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D., F. Issalillah., E. Retnowati., & D. R. Mataputun. 2021. Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.

Evendi, W. & M. Masfufah. 2023. Balance of Technology Use in Muslim Family Life, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 31–35.

Frunză, V. 2014. Implications of teaching styles on learning efficiency. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 127(1979), 342–346.

Gafoor, K. A., & H. Babu. 2012. Teaching style: A conceptual overview. In Teacher education in the new millennium (pp. 55–69). APH.

Halizah, S. N. & R. Mardikaningsih. 2022. The Role of Family Support, Learning Achievement and Student Entrepreneurial Intention, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(3), 13 – 18.

Huitt, W. 2011. Motivation to learn: An overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University.

Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.

Irawan, A. I. & D. Darmawan. 2023. Examining How Family Environment and Learning Independence Affect Student Learning Motivation at MI Babussalam Krian Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1324-1333.

Irfan, M. & A. R. Putra. 2014. Komunikasi Interpersonal Antar Guru dan Siswa serta Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 69-76.

Issalillah, F. & R. K. Khayru. 2021. Stres dan Kelompok Referensi, Apakah Memengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa? Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(1), 13-28.

Kurniawan, Y. & E. Masnawati. 2022. Efforts to Improve Student Achievement Index Through Learning Motivation and Pedagogical Competence of Lecturers, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(2), 29-36.

Lestari, U. P. & D. Darmawan. 2014. Studi Tentang Hubungan Motivasi Dan Lingkungan Kerja Dengan Kinerja Karyawan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 1-6.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. 2014. Faktor-Faktor yang memengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 13-24.

Mardikaningsih, R. 2019. Hubungan Motivasi Berprestasi dan Lingkungan Sosial Dengan Intensi Mahasiswa Berwirausaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 7-13.

Masfufah, M. & D. Darmawan. 2023. The Role of Parents in Preventing Gadget Addiction in Early Childhood, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(3), 33–38.

Masfufah, M. & D. Darmawan. 2023. Children's Intelligence Potential: Exploration Through A Spiritual Approach, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 13-30.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. 2022. Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.

Masnawati, E. & D. Darmawan. 2022. School Organization Effectiveness: Educational Leadership Strategies in Resource Management and Teacher Performance Evaluation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 43–51.

Masnawati, E. & Y. Kurniawan. 2023. Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.

Masnawati, E. & D. Darmawan. 2023. Optimal Utilization of Google Classroom Media in Online Learning, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 20–24.

Masnawati, E. & M. Masfufah. 2023. Family Support and Early Childhood Education: A Qualitative Perspective, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(2), 32–37.

Masnawati, E. & M. Masfufah. 2023. The Role of Parents in Shaping Children's Character, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(2), 1–9.

Masnawati, E. & M. Hariani. 2023. Teacher Example and its Impact on Students' Social Behavior, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 31-48.

Nir, A. E., & L. Hameiri. 2014. School principals’ Leadership Style and School Outcomes: The Mediating Effect of Powerbase Utilization. Journal of Educational Administration, 52(2), 210–227.

Ohara, M. R. 2023. The Role of Social Media in Educational Communication Management. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2), 70-76.

Palembeta, T. & S. Arifin. 2014. Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Motivasi Kerja Pegawai, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 23-32.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. 2014. Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., R. Mardikaningsih, E. A. Sinambela, & S. Arifin. 2016. Minat Belajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(2), 87-96.

Ummat, L.S. & E. Retnowati. 2022. The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.

Rohani & D. Andayani. 2009. Strategi Belajar, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Safitri, S. M. & D. Darmawan. 2023. Enhancing Students'learning Interest: The Role of Teacher's Teaching Style and Parental Support at SD Negeri Wadungasri Waru Sidoarjo. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1343-1352.

Sardirman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Grafindo, Jakarta.

Sharma, D., & S. Sharma. 2018. Relationship between motivation and academic achievement. International Journal of Advances in Scientific Research, 4(1), 1-5.

Sinambela, E. A. 2014. Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 91-104.

Sutarjo, M., D. Darmawan & Yuni Indah Sari. 2007. Evaluasi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Wahyudi, I., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. 2013. Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Yanti, Y. & Herlina. 2016. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(3), 181-196.

Yanti, Y. & D. Darmawan. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286.

Yuliana. 2012. Dinamika Pendidikan di Indonesia, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-27