INTEGRASI VIDEO LEARNING DAN PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN WUDHU UNTUK MEMBANGUN PONDASI KEAGAMAAN USIA DINI
Kata Kunci:
wudhu, video learning, praktik, pendidikan agama usia dini, keagamaan.Abstrak
Integrasi video learning dan praktik dalam pembelajaran wudhu berperan penting dalam membangun pondasi keagamaan pada anak usia dini di TK Darul Hikmah, Desa Kemasaan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Pembelajaran agama di usia dini berfungsi untuk menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang diperlukan untuk perkembangan karakter anak. Wudhu sebagai ibadah yang memiliki makna penting dalam Islam, diajarkan dengan cara yang menarik melalui media video, lalu diikuti dengan praktik langsung. Metode ini mengedepankan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) dengan memanfaatkan potensi guru dan sarana prasarana sekolah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak dalam melaksanakan wudhu. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman anak mengenai tata cara wudhu, sekaligus menanamkan nilai kebersihan dan kedisiplinan. Penggunaan video learning yang interaktif terbukti efektif dalam menarik perhatian anak dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Penyerapan materi pembelajaran menjadi lebih baik melalui kombinasi teori dan praktik. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan lain untuk memperkuat dasar keagamaan anak-anak.
Referensi
Afif, M. & U. Khasanah. 2018. Urgensi Wudhu dan Relevansinya bagi Kesehatan (Kajian Ma’anil Hadits) dalam Perspektif Imam Musbikin. Jurnal Studi Hadis, 3(2), 215-230.
Ali, M. M. 2015. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi, 1(2), 190-215.Andiyanto, T. 2021. Peran Pendidika Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 1(2), 21-30.
El-Bantanie, M. S. 2010. Dahsyatnya Terapi Wudhu. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Fauzi, I. 2021. Tanggapan Siswa terhadap Proses Pembelajaran Fiqih Bab Wudhu Hubungannya dengen Pengamalan Praktik Wudhu Mereka: Penelitian pada Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Miftahurrahmah. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hamimah, N. 2021. Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Wudhu untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Seruyan Raya. Skripsi, IAIN Palangka Raya.
Hidayat, R. 2022. Penerapan Kegiatan Praktek dalam Pengenalan Tata Cara Berwudhu pada Anak Usia Dini. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 1(1), 1-6.
Latif, A. & M. F. Amiruddin. 2020. Pelatihan Ubudiyah Sholat dan Wudhu di TPQ Darul Mu’min Tambakrejo Wonotirto Blitar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa, 1(3), 95-104.
Maryanti, W., Nisrokha, & Wahyudin. 2020. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu di MTs Nurul Ulum Warureja Tegal. Al-Miskawaih, 1(1), 43-63.
Sidek, S. & M. Hashim. 2016. Pengajaran Berasaskan Video dalam Pembelajaran Berpusatkan Pelajar: Analisis dan Kajian Kritikal. Journal of ICT in Education (JICTIE), 3, 24-33.
Uce, L. 2015. The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.