EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA

Penulis

  • Solchan Ghozali Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Ridwan Rahmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Yusran Mohamad Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Saifuddin Isnani Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Lutfi Yustyanto Sulaiman Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Aziz Wardhana Sopyan Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

kepercayaan diri, konseling kelompok, siswa, pendidikan, psikologi kelompok.

Abstrak

Kepercayaan diri siswa merupakan elemen penting untuk mendukung keberhasilan mereka baik secara akademik maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan literature review untuk menganalisis efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa konseling kelompok bekerja melalui mekanisme seperti catharsis, self-reflection, dan modeling, yang membantu siswa mengatasi rasa tidak percaya diri, meningkatkan keterampilan sosial, dan membangun kepercayaan diri secara bertahap. Dukungan sosial dalam konseling kelompok memberikan siswa rasa diterima dan dihargai sehingga mempercepat proses perubahan psikologis. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan utama, seperti kurangnya pelatihan konselor, keterbatasan waktu dan sumber daya, serta resistensi siswa. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan literasi kelompok bagi konselor, dukungan yang memadai dari pihak sekolah, dan pendekatan berbasis bukti untuk meningkatkan efektivitas layanan konseling kelompok di sekolah. Dengan strategi yang tepat, konseling kelompok dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membangun generasi yang percaya diri dan mampu menghadapi tantangan kehidupan.

Referensi

Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Ariyanti, S., Saam, Z., & Yakub, E. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Melalui Teknik Play Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(3), 1345-1350.

Chen, C. P., & Rybak, C. (2018). Group leadership skills: Interpersonal process in group counseling and therapy. SAGE Publications.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling (9th ed.). Cengage Learning.

Gazda, G. M., Ginter, E. J., & Herne, A. M. (2018). Group Counseling and Group Psychotherapy: Theory and Application. Allyn & Bacon.

Ghozali, S., Y. Yuliastutik, R. Mardikaningsih, D. Darmawan, M. D. Al Laisty, M. W. Nafiin, & A. Thaha. (2022). Interactive Learning Innovation through Puzzle Media: A Solution to Improve Student Literacy. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 38-43.

Gladding, S. T. (2019). Groups: A Counseling Specialty (8th ed.). Pearson.

Hartati, A. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok atasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa SMP. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1651-1663.

Hurlock, E. B. (1980). Developmental Psychology: A Life-Span Approach. New York: McGraw-Hill.

Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2018). Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Pemahaman Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-26.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2021). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-39.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, Yuliastutik, R. Mardikaningsih, A. K. Khotimah, & Y. Yuliah. (2022). Transformation of Islamic Education in the Digital Age: The Role and Challenges of Educational Technology. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 45-52.

Masnawati, E., Y. Yuliastutik, A. K. Khotimah, Y. Yuliah, & N. D. Aliyah. (2022). Effective Strategies in Learning Islamic Cultural History for Cultivating Moral Values. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 30-37.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.

Sabarrudin, S., Silvianetri, Y., & Nelisma, Y. (2022). Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Belajar: Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 435–441.

Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar, Bumi Aksara. Jakarta.

Shulman, L. (2016). The Skills of Helping Individuals, Families, Groups, and Communities (8th ed.). Cengage Learning.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Sutarjo, M., D. Darmawan & Y. I. Sari. (2007). Evaluasi Pendidikan. Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2020). The Theory and Practice of Group Psychotherapy (6th ed.). Basic Books.

Yanti, Y., & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286

Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. (2013). Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Yudianto, E. (2021). Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(1), 15-22.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-26