UPAYA MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AL-QUR'AN

Penulis

  • Yuliastutik Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Reny Nuraini Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Siti Nur Halizah Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Ella Anastasya Sinambela Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Jahroni Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Yusuf Fahrizal Mujisulistyo Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Fachruddin Arrozi Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis
  • Samsul Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

taman pendidikan qur’an, peningkatan pendidikan

Abstrak

Permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan sosial masyarakat seringkali berkaitan dengan perilaku kurang pantas yang ditunjukkan oleh anak-anak, baik dalam tindakan maupun perkataan mereka. Salah satu penyebabnya adalah kurang terkontrolnya pergaulan yang mereka alami. Namun, Taman Pendidikan Al-Qur'an muncul sebagai jawaban untuk mendukung anak-anak dalam mengelola interaksi sosial mereka dengan menerapkan norma-norma perilaku positif dan mengedukasi tentang nilai-nilai etika yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana karakter anak dibentuk melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dilakukan di sebuah Taman Pendidikan Al-Qur'an. Para pendidik, baik ustad maupun ustadzah, melakukan berbagai upaya dalam membentuk akhlak dan meningkatkan pendidikan santri. Melalui proses ini, karakter anak-anak terbentuk secara bertahap, dengan memperkuat hubungan mereka dengan agama, budaya, dan masyarakat. Dengan demikian, Taman Pendidikan Al-Qur'an tidak hanya menjadi tempat pendidikan formal, tetapi juga pusat pembentukan karakter yang kuat dan beretika bagi generasi mendatang.

Referensi

Amirulloh, I., M. S. Anam, M. Mujito, S. Suwito, R. Saputra, R. Hardiansyah, & D. S. Negara. (2023). Implementasi Nilai Persatuan dalam Bergotong Royong di Masyarakat Desa Anggaswangi Sukodono Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 13-20.

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 44-50.

Darmawan, D. (2017). Pemberdayaan Kerjasama. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D., S. Arifin, & A. R. Putra. (2018). Teknik Komunikasi. Metromedia, Surabaya.

Dena, S. & D. Darmawan. (2024). Character Development of Students in Public High School 4 Surabaya Through the Role of School Culture and Parenting Style. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 417–428.

Dini, J. P. A. U. (2022). Implementation of the Tahfidz Quran Program in Developing Islamic Character. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3546-3559.

Djazilan, M.S. & D. Darmawan. (2021). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.

Faramedina, N., D. A. Y. Widariyono, C. T. I. Dzinnur, S. Sudjai, D. Darmawan, & M. C. Rizky. (2023). Kegiatan Lomba 17 Agustus untuk Meningkatkan Jiwa Solidaritas Antar Warga Desa Jogosatru, Kecamatan Sukodono, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 1-6.

Firmansyah, B. & D. Darmawan. (2023). The Importance of Islamic Education Teacher Competence and Parental Attention in Enhancing Students' Character Formation at Nur Al-Jadid ExcellentIslamic High School. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1353-1363.

Imawan, O. R. & R. Ismail. (2023). Analysis of Character Education Values on the Learning Achievement of Elementary School Teacher Candidates. International Journal of Mathematics and Mathematics Education, 103-131.

Kurniati, N. & M.Y.M. El Yunusi. (2023). Methods for Cultivating Students' Personality and Morals Through Islamic Religious Education, Bulletin of Science, Technology and Society, 2(2), 25-30.

Lembong, D., S. Hutomo, & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Masnawati, E. & D. Darmawan. (2022). School Organization Effectiveness: Educational Leadership Strategies in Resource Management and Teacher Performance Evaluation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 43–51.

Masnawati, E., Y. Yuliastutik, A. K. Khotimah, Y. Yuliah, & N. D. Aliyah. (2022). Effective Strategies in Learning Islamic Cultural History for Cultivating Moral Values. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 30-37.

Masnawati, E., N. D. Aliyah, Yuliastutik, R. Mardikaningsih, A. K. Khotimah, & Y. Yuliah. (2022). Transformation of Islamic Education in the Digital Age: The Role and Challenges of Educational Technology. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 45-52.

Masnawati, E., M.S. Djazilan, & D. Darmawan (2022). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17 – 26.

Masnawati, E., U. Umrah, Y. Yuliastutik, E. I. Fitriyah, & A Alfiyani. (2023). Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Peran Kecerdasan Emosional Guru dan Literasi Digital, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1 – 14.

Putra, A. R. et al. (2022). Relationship between Parenting and Smartphone Use for Elementary School Age Children During the Covid 19 Pandemic. Bulletin of Multi-Disciplinary Science and Applied Technology, 1(4), 138-141.

Setiardi, D., & H. Mubarok. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135-146.

Setiyanti, T., N. Nurussaniyah, D. Darmawan, R. Mardikaningsih, R. Shofiyah, N. U. A. Machfud, & N. D. Aliyah. (2023). Keterlibatan Mahasiswa KKN Universitas Sunan Giri Surabaya dalam Kegiatan Peningkatan Nilai Spiritual pada Pengajian Rutin di Desa Pademonegoro Kecamatan Sukodono, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(1), 27-34.

Sirva, O., K. Y. Pariu, N. Parangki, A. J. Patoding, & F. TPuang, F. T. (2023). Kajian alkitabiah mengenai pengajaran orang tua dalam pembentukan karakter anak. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 613-628.

Wahyuni, T., M. N. Azizi, F. F. Diba, M. S. Anwar, M. Munir, S. Priambodo, Y. S. Hamzah, & U. P. Lestari. (2023). Upaya Menumbuhkan Jiwa Solidaritas dan Sportifitas Melalui Kegiatan Lomba 17 Agustus Antar RT di Desa Kebon Agung Sukodono Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 25-32.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-26