PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL DALAM PENERAPAN TEORI BEHAVIORISME, KOGNITIVISME, KONSTRUKTIVISME, DAN HUMANISME DI PENDIDIKAN MODERN

Penulis

  • Yulius Kurniawan Universitas Widya Kartika Surabaya Penulis
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya Penulis

Kata Kunci:

Teori Belajar, Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, Humanisme, Teknologi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran.

Abstrak

Pembelajaran yang efektif membutuhkan pemahaman tentang teori belajar dan penerapannya dalam pendidikan. Penelitian ini mengeksplorasi integrasi teori Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Humanisme untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan relevan. Setiap teori memiliki keunikan untuk memahami proses belajar siswa: Behaviorisme menekankan perubahan perilaku melalui penguatan, Kognitivisme fokus pada proses mental, Konstruktivisme mendukung pembelajaran berbasis pengalaman, dan Humanisme memperhatikan pertumbuhan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan teori-teori ini dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterampilan siswa. Pemanfaatan teknologi pendidikan, seperti realitas virtual, pembelajaran kolaboratif, dan aplikasi berbasis kecerdasan buatan, berperan strategis untuk mengimplementasikan teori belajar. Selain itu, integrasi teori memerlukan kebijakan pendidikan yang fleksibel, pelatihan guru berkelanjutan, dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Studi ini merekomendasikan pendekatan multidimensional untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan inovatif, yang mampu membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan praktik pembelajaran yang lebih efektif.

Referensi

Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice Hall.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain. Longmans.

Brown, H. D. (2020). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed.). Pearson Education.

Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Harvard University Press.

Gagné, R. M. (1985). The Conditions of Learning (4th ed.). Holt, Rinehart, and Winston.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Hutomo, S., D. Akhmal, D. Darmawan & Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Addar Press, Jakarta.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Majid, M. F. A. F., & Suyadi, S. (2020). Penerapan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran PAI. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(3), 95-103.

Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2018). Kecerdasan, Perilaku Belajar, dan Pemahaman Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-26.

Mardikaningsih, R. & D. Darmawan. (2021). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-39.

Mayer, R. E. (2014). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Perni, N. N. (2018). Penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105-113.

Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. Basic Books.

Purwanti, S., T. Palambeta, D. Darmawan, S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.

Putra, A.R., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dengan Profesionalisme dan Kompetensi Guru, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(3), 139-150.

Raihan, M. (2021). Penerapan teori belajar behavioristik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas. An-Nuha, 1(1), 25-33.

Santrock, J. W. (2007). Educational Psychology. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. 2014. Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar, Bumi Aksara. Jakarta.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th ed.). Pearson Education.

Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24-33.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih & D. Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan dan Profesionalisme Guru, IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Slavin, R. E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice (10th ed.). Boston: Pearson.

Sutarjo, M., D. Darmawan & Y. I. Sari. (2007). Evaluasi Pendidikan. Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Willis, J. (2002). Foundations of Instructional Design. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209-215.

Woolfolk, A. (2016). Educational Psychology (13th ed.). Boston: Pearson.

Yanti, Y., & D. Darmawan. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(4), 269-286

Yanti, Y., Yuliana, D. Darmawan & E. A. Sinambela. (2013). Psikologi Pendidikan, Spektrum Nusa Press, Jakarta.

Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101-115.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-26