UPAYA PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kata Kunci:
pendidikan kewarganegaraan, karakter mahasiswa, strategi pengajaran, integrasi teknologi, peran dosenAbstrak
Pendidikan kewarganegaraan di Indonesia memiliki peran penting dalam pembentukan karakter mahasiswa. Artikel ini mengusulkan beberapa strategi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter mahasiswa. Pertama, diperlukan pendekatan pembelajaran yang relevan dan menarik untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa tentang nilai-nilai kewarganegaraan. Kedua, integrasi teknologi dalam pembelajaran kewarganegaraan dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Ketiga, kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat sipil diperlukan untuk mengembangkan program-program pendidikan kewarganegaraan yang inovatif. Keempat, peran dosen sebagai model dan pembimbing karakter mahasiswa harus diperkuat melalui dukungan dan pelatihan yang memadai. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan pendidikan kewarganegaraan dapat lebih efektif untuk membentuk generasi muda Indonesia yang berkarakter, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.
Referensi
Al Mursyidi, B. M. & D. Darmawan. (2023). The Influence of Academic Success of Islamic Religious Education and Social Media Involvement on Student Morality. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 17(2), 321-331.
Andayani, D. & D. Darmawan. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Berkowitz M.W. & M. C. Bier. (2007). What Works in Character Education? Journal of Research in Character Education, 5(1), 29–48.
Darmawan, D. (2007). Strategi Belajar. Metromedia, Surabaya.
Darmanto, D., A. R. Putra & R. Mardikaningsih. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Dena, S. & D. Darmawan. (2024). Character Development of Students in Public High School 4 Surabaya Through the Role of School Culture and Parenting Style. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 417–428.
Djazilan, M. S. & M. Hariani. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.
Evendi, W. & M. Masfufah. (2023). Balance of Technology Use in Muslim Family Life, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 31–35.
Firmansyah, B. & D. Darmawan. (2023). The Importance of Islamic Education Teacher Competence and Parental Attention in Enhancing Students' Character Formation at Nur Al-Jadid ExcellentIslamic High School. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1353-1363.
Gibbs J.C., K. S. Basinger, R. L. Grime, J. R. Snarey. (2007). Moral Judgment Development Across Cultures: Revisiting Kohlberg's Universality Claims. Developmental Review, 27(4), 443–500.
Hutomo, S., D. Akhmal., D. Darmawan., & Y. Yuliana. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Addar Press, Jakarta.
Imanuddin, F. & D. Darmawan. (2024). Enhancing Learning Effectiveness Strategy: Self-Directed Learning and Learning Facilities at SMK Teknik Pal Surabaya. Jurnal Al-Qayyimah, 6(1), 99-105.
Kim M., & D. Sankey. (2009). Towards a Dynamic Systems Approach to Moral Development and Moral Education: A Response to the JME Special Issue, September 2008. Journal of Moral Education, 38(3), 283–298.
Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.
Latif, A. & D. Darmawan. (2024). Examining How School Environment and Teacher Competence Affect Student Learning Motivation at MA Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher), 5(1), 69-75.
Lembong, D., S. Hutomo., & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Mardikaningsih, R. (2013). Pengukuran Kinerja Dosen berdasarkan Penilaian Mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 15-26.
Mardikaningsih, R. (2014). Faktor-Faktor yang memengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 13-24.
Mardikaningsih, R. (2014). Metode Pembelajaran dan Variasi Penerapannya. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 1(1), 43-54.
Masnawati, E. & D. Darmawan. (2022). School Organization Effectiveness: Educational Leadership Strategies in Resource Management and Teacher Performance Evaluation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 2(1), 43–51.
Masnawati, E., R. Mardikaningsih, N. S. Wisnujati, M. Hariani, & Y Kurniawan. (2022). Student's Perception of the Effectiveness of Online Learning Implementation, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(2), 22 – 25.
Masnawati, E., N. D. Aliyah, M. S. Djazilan, D. Darmawan & Y. Kurniawan. (2022). Dynamics of Intellectual and Creative Development in Elementary School Children: The Roles of Environment, Parents, Teachers, and Learning Media, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 1(1), 33-37.
Masnawati, E. & D. Darmawan. (2023). Optimal Utilization of Google Classroom Media in Online Learning, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 4(1), 20–24.
Masnawati, E., D. Darmawan, & M. Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305-318.
Narvaez D. & D. K. Lapsley. (2008). Teaching Moral Character: Two Alternatives for Teacher Education. Teacher Educator, 43, 156–172.
Park N. & C. Peterson. (2006). Moral competence and character strengths among adolescents: The development and validation of the values in action inventory of strengths for youth. Journal of Adolescence, 29(6), 891–909.
Purwanti, S., T. Palambeta., D. Darmawan., & S. Arifin. (2014). Hubungan Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 37-46.
Reed D. C. (2008). A model of moral stages. Journal of Moral Education, 37(3), 357–376.
Saraswati, R. Mardikaningsih, & T. Baskoro. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Tingkat Dasar. Bumi Aksara. Jakarta.
Turiel, E. (2015). Moral development. In W. F. Overton, P. C. M. Molenaar, & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology and developmental science: Theory and method (7th ed., pp. 484–522). John Wiley & Sons, Inc.
Yulianto, A. & D. Darmawan. (2024). Effective Implementation of Teaching Skills and Religious Activities to Enhance the Quality of Learning in Islamic Religious Education at MTsN 2 Surabaya. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 68–85.